Tongseng Kambing Pak H. Budi (dok. Kecap Bango)

Sama-Sama Nikmat, Ini Bedanya Tongseng dan Tengkleng

15 December 2021   |   17:13 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian para penikmat kuliner berbahan dasar daging kambing, pasti sudah enggak asing lagi dengan menu Tongseng yang merupakan kuliner khas dari Solo, Jawa Tengah. Nah selain Tongseng, ada Tengkleng yang juga terbuat dari daging dan tulang kambing dengan kuah mirip gulai.

Sekilas, keduanya memang terlihat mirip apalagi sama-sama memiliki cita rasa lezat nan kaya rempah. Supaya kalian ngga bingung, Hypeabis bakal menjabarkan perbedaan antara keduanya ya.
 

1. Tongseng

 

Tongseng Kambing Pak H. Budi (dok. Kecap Bango)

Tongseng Kambing Pak H. Budi (dok. Kecap Bango)

Umumnya, Tongseng dibuat dengan menggunakan olahan daging kambing dan dibuat tanpa tambahan santan. Proses penyajiannya, tongseng dibuat dengan tambahan sayuran seperti kol dan tomat serta diberi kecap manis sehingga menambah cita rasa kelezatan daging kambing. 

Meski kuahnya terlihat kental, tetapi Tongseng tidak menggunakan santan, tetapi dibuat dari oseng-oseng bumbu berupa bawang putih, bawang merah, merica, tomat dan bumbu pelengkap lainnya.
 

2. Tengkleng

 

Tengkleng Kuah (dok.Dinas Pariwisata Kota Surakarta)

Tengkleng Kuah (dok.Dinas Pariwisata Kota Surakarta)


Jika Tongseng menggunakan bagian daging yang dipotong kotak-kotak, maka Tengkleng mengambil bagian iga dan tulang belakang kambing. Selain itu, ada juga yang menggunakan kulit kepala, lidah, hati, dan otak.

Dalam pengolahannya, Tengkleng menggunakan santan tetapi lebih encer dibandingkan gulai, serta diberi tambahan kaldu dari ekstrak tulang kambing yang dicampurkan ke dalam bumbu yang sudah diberi santan sehingga memberikan rasa gurih saat disantap.

Selain itu, Tengkleng tidak menggunakan campuran sayuran seperti Tongseng, hanya diberi tambahan jeroan dan cabe rawit utuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Buku Harry Potter and the Philosopher's Stone Cetakan Pertama Dijual US$471.000

BERIKUTNYA

4 Tips DIY Memperbaiki Alarm Mobil Error

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: