Ilustrasi dumpling ayam. (Dok. Abhishek Sanwa Limbu dari Unsplash)

Resep Dumpling Ayam, Hidangan Pembuka khas China yang Sehat & Ringan

30 December 2021   |   07:36 WIB

Salah satu hidangan khas China yang umum ditemukan di beberapa restoran khas China atau peranakan adalah dumpling ayam atau pangsit rebus dengan isian ayam. Dumpling sendiri berbeda dengan pangsit yang lebih umum dikonsumsi di Indonesia, pasalnya bentuknya lebih menyerupai wotie atau kuo tie.

Umumnya, dumpling menggunakan daging ayam dan campuran sayur yang dicampurkan dan dibungkus dengan kulit pangsit. Tapi penggunaan daging ini bisa digantikan dengan daging babi maupun daging lain yang bisa diolah bersama dengan sayuran.

Untuk membuat hidangan yang sehat dan ringan ini, yuk cek resepnya dari Rasa Malaysia dan The Woks of Life!
 

Bahan-bahan (untuk sajian 6 orang)

1 paket kulit pangsit berbentuk bulat
226 gram daging paha ayam giling
170 gram sawi putih, potong kecil-kecil
1 sdt jahe parut
1 sdm daun bawang
2 sdm kecap asin
1/2 sdt minyak wijen
Lada putih secukupnya
Air untuk merebus
Kecap asin untuk saus celupan
Minyak cabai (opsional)
 

Cara membuat

1. Campurkan daging giling, sayuran, dan bumbu-bumbu untuk isian dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata sampai semua bumbu tercampur.

2. Siapkan kulit pangsit dekat dengan mangkuk dan semangkuk kecil air, lalu ambil satu lembar kulit dan taruh satu sendok teh isian di bagian tengah. Pastikan jangan sampai terlalu penuh.

3. Ketika ingin melipat kulit, basahkan satu jari ke dalam air dan balur air ke salah satu sisi kulit. Lipat kulit pangsit menjadi bentuk setengah lingkaran dan tekan ujungnya hingga rapat di bagian tengah.

4. Sisihkan dumpling yang sudah dilipat di atas piring dengan lapisan parchment paper supaya tidak lengket. Ulangi langkah kedua dan ketiga sampai adonan isian habis.

5. Panaskan panci penggorengan dengan satu sendok makan minyak goreng di atas api sedang. Masak beberapa dumpling sampai berwarna emas kecoklatan, lalu isi air sampai memenuhi bagian bawah panci (tidak penuh) dan tutup hingga air tersebut menguap. Setelah menguap, biarkan dumpling tetap tergoreng sebentar.

6. Jika ingin memasak dengan teknik merebus, siapkan panci dengan air di atas api sedang. Masukkan beberapa dumpling dan masak selama beberapa menit sampai dumpling mengambang di atas panci. Jika sudah matang, letakkan di piring.

7. Sajikan dumpling dengan saus kecap asin dan minyak cabai.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Ada Taxi Driver Season 2, Ini Daftar Drama Korea di SBS Tahun Depan

BERIKUTNYA

Intip Beberapa Destinasi Natal di Hong Kong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: