Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada salah satu contoh ketertarikan dan perjalanan Nespreso (sumber gambar: Nespreso)

Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada, Kopi Seasonal Dari Nicaragua

06 May 2021   |   14:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kopi bisa dikatakan menjadi minuman wajib bagi sebagian orang sejak dahulu hingga kini. Tak ayal, para produsen minuman ini pun berkreasi menghasilkan kopi dengan cita rasa yang mampu menggugah selera para konsumen. 
 
Salah satu produsen kopi, yakni Nespresso, menambah satu lagi varian di dalam seri Master Origins, yakni Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada. Kopi ini adalah kopi seasonal pertama dari Nicaragua yang menggunakan teknis fermentasi dalam pembuatannya.
 
Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada adalah salah satu contoh dari ketertarikan dan perjalanan Nespresso dalam mencari proses pembuatan kopi yang dapat menghasilkan rasa kopi yang memiliki berbagai rasa mengejutkan dalam setiap cangkirnya. 
 
Karena kondisi perubahan iklim, pertanian-pertanian kecil di Nicaragua dikenal dengan kopi microlots, yaitu kopi yang ditanam dengan jumlah terbatas oleh pengrajin kopi lokal.
 
Pada yang bersamaan, para ahli kopi di Nespresso melihat adanya perkembangan dari eksperimen proses pascapanen kopi, terutama di tahap fermentasi. 
 
Seperti halnya wine, proses fermentasi adalah tahap penting dalam pembuatan kopi untuk mengeluarkan rasa dan aroma kopi yang sebenarnya. 
 
Proses di mana perajin kopi memutuskan teknik fermentasi kopi akan memengaruhi rasa kopi dalam setiap cangkirnya. 
 
Nespresso melakukan pencarian proses fermentasi kopi yang tepat hingga akhirnya bertemu dengan perajin kopi di Nicaragua pada 2018.
 
Para ahli kopi berkolaborasi dengan perajin dan petani lokal dari La Cumplida mencoba berbagai eksperimen, untuk mencari dan menemukan proses fermentasi yang sesuai. 

Akhirnya, ditemukan cara fermentasi yang tepat, yaitu dengan menyemprotkan ceri kopi yang sudah matang dengan ragi natural dan dibiarkan untuk memulai proses fermentasi selama 72 jam, proses ini akan menghasilkan profil kopi yang manis dan ringan dengan note buah-buahan. 
 
Selanjutnya, ceri kopi akan dimonitor untuk memastikan temperatur dan waktu yang tepat yang akan menghasilkan profil kopi yang bold, untuk setelahnya dikeringkan selama 2-3 minggu. 
 
Setelah proses ini, tantangan para petani di La Cumplida dan Nespresso adalah untuk memproduksi kopi dalam skala besar untuk kopi edisi terbatas ini, memastikan setiap cangkirnya memiliki kualitas terbaik.  
 
Meski menggunakan jenis kopi yang sama dengan varian Master Origin Nicaragua dari koleksi permanen, proses fermentasi menggunakan ragi kali ini menghasilkan smooth notes dari rasa candied cherry dan pomegrante, berbeda dengan rasa manis dengan note sereal dari varian Master Origin Nicaragua sebelumnya. 

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Kece! Sisa Bahan Tirai Jendela Lipat Didaur Ulang Jadi Produk Tas & Pot

BERIKUTNYA

Peluang Bisnis dari Sensasi Gurih Saus Mentai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: