Ilustrasi (Photo by Victoria Shes on Unsplash)

Tips Melelehkan Daging Beku dalam 5 Menit

25 November 2021   |   19:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa di sini yang sering kelupaan ketika ingin memasak daging yang ternyata masih beku dan sekeras batu? Beberapa mungkin menyerah dan memutuskan untuk membuat makanan lain, padahal ada loh cara cepat untuk melelehkan daging beku tanpa merusak kualitasnya.

Dilansir oleh Food Network, ada satu cara untuk melelehkan daging beku dengan ketebalan tidak lebih dari 1 centimeter dalam waktu kurang dari 5 menit.

Ambil dua panci atau wajan logam, jepit daging beku yang dilapisi bungkus plastik di antara kedua panci seperti sandwich.

Kemudian isi panci atau wajan yang menghadap atas, atau yang menimpa daging beku, dengan air. Berat suhu air, yang terkonduksi oleh logam, akan mempercepat daging beku untuk meleleh.

Baca jugaMau Masak Daging Itik? Begini Caranya Agar Tidak Keras dan Amis

Untuk jenis daging lainnya, cara melelehkan daging beku yang paling aman adalah dengan mendiamkan daging di bagian kulkas biasa (bukan freezer) hingga daging meleleh, tetapi cara ini membutuhkan waktu lebih lama.

Daging beku yang dicairkan dengan cara ini akan tetap baik selama beberapa hari, meskipun tidak dapat dibekukan kembali, kecuali sudah diolah menjadi kaldu, sup, atau cairan lainnya. 

Adapun, jangan mencairkan daging beku pada suhu kamar karena daging yang disimpan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam tidak aman untuk dimakan.

Kalau Genhype punya waktu seharian untuk melelehkan daging beku, kalian bisa menggunakan metode air dingin.

Tempatkan bungkusan daging kedap udara dalam mangkuk besar berisi air dingin lalu rendam dan ganti air setiap 30 menit agar suhunya tetap di atas suhu daging beku. Cara ini memang memakan waktu dan tenaga namun tidak terlalu buruk.

Dengan cara ini, daging beku seberat kurang lebih 2 kilogram dapat meleleh dalam waktu satu jam atau kurang, sementara daging dengan berat lebih dari 4 kilogram akan membutuhkan waktu lebih lama.

Jangan lupa ya, daging mentah yang sudah melalui proses beku - leleh tidak dapat dibekukan kembali.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

UMKM Skincare Ini Berbagi Rahasia Sukses Tingkatkan Omzet 10 Kali Lipat di Toko Offline

BERIKUTNYA

Sejarah Thanksgiving & Bagaimana Budaya Ini Terus Berlanjut hingga Ratusan Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: