Ilustrasi kompos (Markus Spiske - Unsplash)

Ini Tip Bikin Kompos di Rumah, Coba Yuk!

24 May 2021   |   17:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, salah satu bahan yang sangat potensial untuk diolah menjadi kompos adalah sampah organik rumah tangga. Pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos punya beberapa manfaat, yaitu mengatasi masalah sampah rumah tangga, sekaligus mendapatkan pupuk organik yang sangat bermutu.

Oleh sebab itu, membuat kompos di rumah menjadi kegiatan yang ideal untuk dilakukan. Genhype enggak perlu berpikir bahwa kegiatan ini sulit dilakukan, berikut ini cara untuk membuat kompos di rumah.

Menyortir
Pilih sampah organik di rumah yang akan dibuat kompos seperti sampah buah-buahan dan sayuran, kantong teh, ampas kopi, nasi dan biji-bijian, kulit telur, bunga dan makanan yang dimasak tanpa minyak, susu atau daging.

Sisa-sisa sampah organik tadi dikumpulkan dalam satu wadah yang bisa ditutup sebelum akan dilakukan proses pelapisan (layering) sampah yang dapat mempercepat proses dekomposisi.

Tempat
Idealnya, taruh tempat untuk mengompos makanan di luar rumah seperti taman atau halaman belakang. Hindari meletakkannya di dekat dinding rumah yang akan menyebabkan noda lama-kelamaan.

Pelapisan
Untuk proses pelapisan, coba lapisi dengan urutan berikut; sampah warna coklat, hijau, coklat, lalu hijau lagi. Sampah coklat bisa terdiri dari produk yang lebih kaya karbon seperti karton telur, koran, daun kering, dan daun jarum pinus.

Untuk sampah hijau, kamu bisa gunakan sisa makanan, kulit buah dan sayuran, ampas kopi, dan potongan rumput yang merupakan kunci pertumbuhan mikroba.

Penyempurnaan
Proses pelapisan idealnya melibatkan satu atau dua inci dari setiap warna dengan sedikit cokelat di bagian paling atas untuk mencegah hama.

Pada akhirnya, hasil kompos yang lebih sering ada, yaitu berwarna cokelat gelap daripada hijau, sehingga pastikan lebih banyak berikan sampah cokelat ketika melakukan proses pelapisan.

So, selamat mencoba membuat kompos ya Genhype!

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mulai Dijual di Indonesia, Ini Harga & Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10s

BERIKUTNYA

Vivo V21 5G Mulai Dijual di Indonesia, Cek Spesifikasi & Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: