Ilustrasi buah kakao (Dok. Pixabay/Pexels)

Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Kakao & Kokoa

18 November 2021   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pasti pernah mendengar istilah kakao dan kokoa. Meski sekilas terdengar sama, keduanya ternyata berbeda lho Genhype. Kakao adalah bagian dari kokoa dalam bentuk mentah dan sedikit diproses. Pohon kakao berasal dari Amerika Selatan, Afrika Barat dan beberapa negara di Asia.

Lebih dari separuh kakao dunia berasal dari negara-negara di Afrika Barat, termasuk Ghana dan Pantai Gading. Melansir dari The Spruce Eat, Kamis (18/11/2021), kokoa dan kakao memiliki arti yang sama yang berarti kokoa merupakan adaptasi bahasa Inggris dari kakao.

Meskipun begitu, ada perbedaan penting di antara keduanya. Kakao mengacu pada biji yang belum disangrai, sedangkan kokoa adalah biji yang telah disangrai. Dengan kata lain, produk yang berlabel kakao adalah biji mentah dan sering dikonsumsi sebagai cokelat vegan yang diproses seminimal mungkin tanpa bahan aditif. Sedangkan kokoa adalah produk cokelat olahan seperti coklat batangan dan bubuk.
 

Ilustrasi produk olahan Charisse Kenion

Ilustrasi produk olahan kokoa (Dok. Charisse Kenion/Unsplash)

Supaya Genhype enggak bingung, simak perbedaan antara kakao dan kokoa seperti berikut ini.


Kakao

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kakao merujuk pada tanaman, buah, dan biji coklat. Buah kakao biasanya memiliki warna hijau keunguan yang bisa berubah menjadi kuning ketika sudah dimasak. Di dalam buah tersebut, terdapat biji yang nantinya akan diolah menjadi cokelat. Dengan kata lain, kakao adalah cokelat yang masih alami atau mentah.

Kakao mengandung antioksidan yang paling banyak dari semua jenis makanan. Selain itu, kakao juga kaya akan kandungan magnesium, zat besi, kalium, kalsium, flavonoid, epicatechin, dan quertin yang dapat mencegah kanker. Khususnya kandungan epicatechin dan flavonoid yang dapat memperbaiki mood kamu dan menjaga kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, kakao dinilai lebih banyak memberikan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dibandingkan kokoa.


Kokoa

Kokoa adalah bubuk cokelat hasil olahan biji kakao yang sudah dicampur susu dan gula. Bubuk kokoa biasanya digunakan untuk bahan baku membuat cokelat batangan, masak, dan butiran (meses). Ada dua jenis cocoa powder, yaitu yang melalui proses alami dan dutch

Kokoa alami banyak ditemukan di pasaran karena lebih disukai daripada kokoa yang melalui proses dutch. Kokoa yang melalui proses dutch memiliki warna yang lebih gelap dan terasa lembut, sehingga sering disebut juga dark cocoa

Selain itu, bubuk kokoa juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kue karena memungkinkan untuk menambah rasa, warna, dan tekstur kue. Tak hanya kue, bubuk kokoa juga bisa digunakan untuk campuran minuman, sereal, produk susu, makanan ringan, dan permen.  



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Canggih, Meta Demonstrasikan Sarung Tangan untuk Dunia Virtual

BERIKUTNYA

Langka! Ini Wilayah yang Dilewati Gerhana Bulan Terlama Abad 21

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: