Ilustrasi pasta- Abishek Hajare (Sumber: Unsplash)

Tips Sederhana Bikin Pasta Al Dente

22 May 2021   |   10:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika kalian bingung mau masak apa weekend ini, kami sarankan pasta. Kenapa? Pasta adalah makanan yang oleh banyak orang dianggap mudah untuk dibuat. Dari penne dan spaghetii hingga fettuccine dan makaroni, pasta hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dapat dimasak dengan berbagai cara.

Dua cara paling umum termasuk mencampurkannya dengan saus putih krem atau yang sering disebut carbonara atau saus berwarna merah tajam (bolognese).

Pasti sebagian besar para Genhype sudah pernah kan memasak pasta di rumah? Tetapi, masih banyak juga yang belum tahu bagaimana untuk memasaknya dengan sempurna alias al dente.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Genhype lakukan untuk membuat pasta dengan sempurna di rumah.

1. Jangan masukkan pasta ke dalam air jika belum mendidih karena pasta akan menjadi lengket dan lembek. Kandungan pati dalam pasta dapat langsung menyerap air sehingga air akan mendidih panas saat kamu menambahkan pasta

2. Jangan tambahkan saus ke dalam pasta tetapi lakukan sebaliknya, tambahkan pasta ke dalam saus yang kamu buat. Hal tersebut dilakukan agar pasta menyerap rasa saus dengan sempurna. Jangan lupa untuk mengaduknya secara rata.

3. Pilih jenis pasta yang tepat untuk sausnya. Untuk saus dengan komposisi banyak tomat dan minyak, pilih jenis pasta yang panjang seperti spaghetti. Sedangkan untuk saus yang mengandung banyak sayuran atau daging, pilih jenis pasta seperti penne atau fettucine.

4. Hindari kebiasaan menambahkan minyak ke air tempat kamu memasak pasta. Meskipun banyak resep yang memberikan rekomendasi tersebut, menambahkan minyak dapat membuat pasta berminyak dan licin yang akhirnya pasta tersebut tidak tercampur secara sempurna dengan saus. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Para Cowok, Ini 5 Tips agar Lebih Percaya Diri Cari Pasangan Lewat Aplikasi!

BERIKUTNYA

Ajang Golden Globes Tidak Tayang Tahun Depan, Ada Apa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: