Sambal dan cabai yang membuat lidah terbakar (dok. Pexels)

6 Minuman Ini Ampuh Mengobati Rasa Pedas

05 November 2021   |   20:17 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bagi pecinta pedas, rasanya kurang pas memang kalau makan tanpa sambal. Walaupun lidah terasa terbakar saat memakannya, sambal yang terbuat dari cabai ini selalu membuat ketagihan. 

Zat aktif pada cabai yang bernama capsaicin lah yang menimbulkan rasa pedas dan panas. Ternyata zat ini memiliki beragam manfaat seperti meredakan nyeri, mengatasi gatal-gatal pada kulit, menyehatkan jantung, mengontrol gula darah, meredakan pilek, hingga meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan loh.

Lepas dari manfaat capsaicin pada cabai, buat kamu yang kepedasan karena makan cabai, ada sejumlah tips dari sejumlah negara untuk menetralkan rasa tersebut. Berikut diantaranya.
 

1. Konsumsi teh hijau

Juri Masterchef Myanmar Daw Phyu Phyu Tin mengatakan untuk menetralisir lidah setelah mengonsumsi makanan pedas, masyarakat Myanmar biasanya mengonsumsi teh hijau dengan kue tradisional yang berbahan dasar gula aren, tertre. 

“Seperti desert dan saat dikonsumsi bersama dengan teh hijau, ini bisa menetralkan rasa pedas di lidah,” dalam diskusi yang digelar Goethe-Intitute Jakarta, Jumat (5/11/2021).
 

2. Yogurt dan susu

Penulis dan Koki Petty Elliot biasanya dia mengonsumsi air kelapa ketika berada di Indonesia saat makan-makanan pedas. Namun karena saat ini tinggal di Inggris, yogurt atau susu juga sangat membantu menenangkan lidah yang terbakar. 
 

3. Bir 

Berbeda dengan di Myanmar dan Inggris, Pakar Cabai di Jerman Alexander Hicks  mengatakan masyarakat di negaranya selalu menyediakan bir dingin sebagai pendampin makanan pedas. 
 

4. Air hangat

Nah, buat masyarakat Indonesia, Pakar Kuliner William Wongso menyebut air hangat menjadi solusi yang pas. “Air dingin akan menangkap dan membuat tenggorokan menciut. Cara terbaik adalah mengkonsumsi air hangat untuk hilangkan rasa pedas,” tuturnya.
 

5. Es batu

Cara lain untuk menetralisir lidah dari rasa pedas yakni menggunakan es batu. Seperti dikutip dari Eatingwell, es batu dapat dengan cepat menangkan rasa panas di lidah. Keluarkan es batu dari minumanmu dan hisaplah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jangan Biarkan Tangki Bensin Motor Sampai Kosong, Begini Penjelasannya!

BERIKUTNYA

10 Seniman Jalanan Pamer Karya di ON & OFF PRESSURE L Project

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: