Ilustrasi makanan dengan bahan charcoal (Dok. Fallon Michael/Unsplash)

Ini 4 Manfaat Kesehatan Bahan Arang Aktif pada Makanan

04 November 2021   |   17:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung membuat tak sedikit orang yang mencari bahan yang bermanfaat bagi kesehatan sebagai salah satu alasan dalam memilih makanan. Hal itu juga yang dilihat oleh GAARAM, sebuah brand kuliner lokal yang menyajikan menu terbarunya berbahan dasar activated charcoal.

Owner GAARAM, Putra Kharisma, mengatakan di tengah meningkatkan kebutuhan masyarakat akan makanan sehat, pihaknya ingin memfasilitasi masyarakat dalam merasakan pengalaman konsumsi makanan sehat yang lebih variatif.

“Oleh karena itu, kami membawa inovasi makanan yang baru dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan khasiat dari activated charcoal [atau arang aktif],” ujarnya dalam rilis resmi, Kamis (4/11).

Activated charcoal merupakan bubuk halus berwarna hitam yang memiliki daya serap tinggi, yang berasal dari kayu, gambut, batu bara, atau batok kelapa yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Dari proses pemanasan inilah, charcoal memiliki khasiat dalam menyerap racun.

Selain wujudnya yang unik karena berwarna hitam, ternyata ada beberapa manfaat dari activated charcoal seperti berikut ini.

1. Mengobati perut kembung
Rasa kembung pada perut biasanya disebabkan beberapa hal, seperti telat makan, terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, ataupun masuk angin yang umumnya dialami oleh mayoritas orang Indonesia.

Arang aktif dipercaya memiliki kemampuan untuk menghilangkan zat-zat penghasil gas berlebih dalam sistem pencernaan. Oleh sebab itu, activated charcoal seringkali dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi perut kembung, seperti yang terkandung pada obat diare yang berbentuk tablet kecil berwarna hitam.
 

n

Ilustrasi makanan dengan bahan charcoal (Dok. GAARAM)
 

2. Meningkatkan fungsi ginjal
Activated charcoal juga memiliki fungsi untuk menetralisasi zat racun dalam tubuh atau proses detoksifikasi. Tekstur aslinya yang berpori dengan muatan listrik negatif membuat activated charcoal dapat menarik molekul positif seperti racun dan gas. Itulah alasan makanan yang mengandung bahan activated charcoal memiliki khasiat mengurangi zat racun pada darah sehingga membantu kinerja ginjal jauh lebih ringan dan meningkat.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Meskipun kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, namun terdapat pula kolesterol ‘jahat’  yang dapat menjadi sumber penyakit, seperti hipertensi, jantung koroner, ataupun stroke apabila jumlahnya melebihi batas normal. Seperti halnya dengan mengikat racun, activated charcoal juga bisa menyerap kolesterol berlebih di dalam tubuh, sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat menjadi lebih terjaga.

4. Mengatasi masalah bau badan
Menjalankan aktivitas sehari-hari tentunya akan membuat tubuh berkeringat yang terkadang menimbulkan aroma tubuh yang kurang sedap. Masalah bau badan juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi.

Selain membuat kita merasa tidak nyaman, bau badan yang tidak sedap juga menyebabkan rasa minder atau tidak percaya diri. Salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah bau badan adalah activated charcoal. Hal ini terbukti dari banyaknya produk deodoran yang memiliki kandungan activated charcoal.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kronologi Sebelum Kecelakaan, Vanessa Sempat Posting Ini di Instagram

BERIKUTNYA

Ini Sinopsis 4 Film Yang Akan Tayang di Road To Jakarta Film Week 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: