Banoffee (Dok. The Happy Foodie)

Mudah Banget Bikinnya, Yuk Coba Resep Banoffee Ini

25 October 2021   |   17:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banoffee saat ini menjadi salah satu dessert kekinian yang digemari masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda. Bukan hanya mencicipinya, saat ini banyak orang juga yang sudah menjadikan banoffee sebagai usaha rumahan yang dijual secara online dengan berbagai variasi yang ada.

Berasal dari Inggris, banoffee sendiri merupakan kependekan dari banana dan toffee yang memiliki ciri khas dari dessert lainnya yaitu sifatnya yang no bake atau tidak perlu dipanggang. Kamu hanya perlu mendinginkannya di dalam lemari es dan banoffee sudah siap untuk disantap.

Buat kamu yang sedang mencari ide untuk membuat dessert di rumah, yuk coba resep banoffee yang dibagikan oleh akun YouTube Trivina Kitchen seperti berikut ini.

(Baca juga: Resep Pie Susu, Bisa Low Carb Atau Dipanggang Pakai Teflon)
 

Banoffee (Dok.

Banoffee (Dok. Trivina Kitchen/YouTube)

Bahan-bahan (untuk 6 dessert cup ukuran 300 ml)


Bahan saus karamel

200 gram gula pasir
80 ml air
180 ml whipping cream
30 gram mentega tawar
1 sdt ekstrak vanila
Garam secukupnya


Bahan whipped cream

300 ml whipping cream
1 sdm gula pasir


Bahan base dessert cup

20 buah biskuit merek apa saja
60 gram mentega tawar


Topping

3-4 buah pisang jenis apa saja yang penting manis dan dipotong kecil-kecil
Bubuk coklat untuk taburan di atas dessert


Cara membuat

  • Siapkan panci dan masukkan gula pasir dan air lalu masak dengan api sedang. Jangan aduk larutan gula dan masak sampai gula larut lalu berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Jika sudah matikan api dan tuang whipping cream atau krim kental. Lalu tambahkan mentega, ekstrak vanila, dan garam. Saus karamel akan mengental saat sudah dingin dan sisihkan.
  • Hancurkan biskuit dengan rolling pin sampai teksturnya cukup halus lalu masukkan ke dalam wadah dan tambahkan mentega cair lalu aduk rata. Sementara itu, kocok whipping cream dan gula pasir lalu masukkan ke dalam plastik segitiga.
  • Siapkan cup dessert lalu masukkan 2-3 sdm remahan biskuit dan ratakan dengan sendok. Tuang saus karamel di atas lapisan biskuit, letakkan beberapa potongan pisang lalu tuang kembali saus karamel secukupnya. Jika sudah, tambahkan whipped cream di atasnya lalu ratakan permukaan atasnya. Terakhir, taburi bubuk coklat di atasnya. Dinginkan banoffee di kulkas dan siap untuk disantap.

Selamat berkreasi ya Genhype!


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Royal Enfield Rilis Apparel untuk Perempuan

BERIKUTNYA

100.000 Lebih Orang Menonton Film NUSSA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: