Ilustrasi pujasera. (Dok. Glenn Tan dari Unsplash)

5 Tips Makan Sehat di Food Court

25 October 2021   |   10:11 WIB

Pujasera atau yang lebih dikenal dengan food court merupakan tempat makan besar yang terdiri dari beberapa gerai makanan. Biasanya, pujasera (Pusat Jajanan Serba Ada) memiliki berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau. 

Meski memiliki cita rasa yang cukup enak, kebanyakan hidangan yang sering ditemui di pujasera biasanya memiliki kandungan lemak, garam, gua, dan kalori yang tinggi. Enggak hanya itu, bahkan sebagian di antaranya juga memiliki kandungan tepung dan karbohidrat yang juga tinggi.

Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat meski makan di pujasera. Simak lima tips ini yuk!
 

1. Kurangi gula

Beberapa hidangan street food yang dijual di pujasera seringkali memiliki kandungan gula yang tinggi, misalnya dari sirup dan saus manis yang memiliki kadar gula lebih dari yang disarankan. Karena itu, coba untuk meminta opsi pengurangan gula ketika memesan makanan atau minuman serta mengurangi opsi saus manis.
 

2. Pilih makanan yang tidak digoreng

Banyak makanan yang dijual di pujasera umumnya diolah dengan cara dikukus, dibakar, dimasak dalam sup, dipanggang, ditumis, atau bahkan digoreng. Jika ingin memilih opsi yang lebih sehat, hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng dan ditumis serta pilih makanan yang diolah dengan cara dikukus atau dimasak dalam sup.

Selain itu, jangan lupa juga memperhatikan bahan yang digunakan dalam makanan seperti mengurangi bagian lemak dan kulit, makanan olahan, atau bahkan daging imitasi yang tinggi kalori dan garam tapi rendah nutrisi.
 

3. Kurangi saus, kari & makanan berbahan santan

Beberapa makanan Indonesia mengandung sejumlah bahan seperti saus, kari, hingga santan. Bahan-bahan ini umumnya tinggi kalori, garam, dan gula sehingga konsumsinya perlu dikendalikan dengan beberapa cara.

Contoh cara konsumsi yang disarankan adalah menjadikan kari dan saus sebagai pendamping yang tidak dicampurkan bersama dengan nasi atau sumber karbohidrat lain. Dengan ini, Genhype bisa mengendalikan saus dan kari yang masuk ke dalam tubuh.
 

4. Tambahkan sayur & buah

Beberapa gerai di pujasera memiliki menu buah dan sayuran asli yang diolah dengan berbagai cara. Manfaatkan kesempatan ini sebagai salah satu opsi untuk menambah nutrisi sehat sekaligus mengurangi konsumsi karbohidrat. Contoh dari makanan ini adalah jus buah serta olahan sayuran sehat.
 

5. Ganti beberapa opsi dengan alternatif yang lebih sehat

Ada beberapa gerai makanan dan minuman yang menyediakan pilihan untuk mengganti karbohidrat atau memberikan opsi untuk mengurangi beberapa bahan. Jika menemukan hal ini, Genhype bisa memilih opsi yang lebih sehat seperti nasi putih diganti dengan nasi merah atau nasi cokelat, susu sapi dengan susu kacang kedelai atau susu kacang lain, serta opsi untuk membuang beberapa bahan di dalam menu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Konsep Baru Piknik di Taman Hiburan setelah Pandemi

BERIKUTNYA

Sudah Pesan Tiket World Superbike? Jangan Lupa Login ya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: