Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. gpointstudio dari Freepik)

5 Cara Membantu Si Kecil agar Percaya Diri

25 October 2021   |   08:05 WIB

Ketidakpercayaan diri enggak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga pada anak kecil. Rasa kehilangan kepercayaan diri disebabkan karena adanya penolakan, kritik, kata-kata yang kurang baik yang disampaikan dengan cara yang kurang santun sehingga membuat seseorang berpikir kurang baik terhadap dirinya sendiri.

Dengan kecenderungan ketidakpercayaan anak yang bisa hadir kapan saja, orang tua perlu untuk membantu si kecil dalam mengembalikan kepercayaan diri dan membuatnya merasa lebih diinginkan serta dicintai. Berikut lima hal yang bisa moms lakukan untuk Si Kecil.
 

1. Temukan penyebabnya dan tawarkan bantuan

Sebagai orang tua, Genhype perlu mencoba mengomunikasikan rasa tidak percaya diri anak semaksimal mungkin. Hal ini diperlukan karena ketidakpercayaan diri pada anak bisa rentan terhadap pembentukan dirinya di masa depan.

Melalui diskusi empat mata, Genhype bisa mencari penyebabnya sekaligus menawarkan bantuan sebagai cara untuk membantunya kembali percaya diri dan bersemangat.


2. Ajarkan cara mencintai diri sendiri

Setiap orang tentu melakukan kesalahan dan ada kritik yang didapatnya dari hal tersebut. Akan tetapi, jangan biarkan si kecil larut dalam rasa kasihan terhadap diri sendiri dan rasa bersalah akibat kesalahannya. 

Justru, hal yang lebih baik adalah membimbingnya dalam proses evaluasi diri dan mengatakan bahwa mereka bisa belajar dari kesalahannya. Jangan lupa juga untuk ajarkan si kecil untuk mencintai diri sendiri serta tidak membiarkan kritik dan perasaan negatif memengaruhinya.
 

3. Pantau pergerakan media sosialnya

Dengan situasi di mana dunia digital telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat, maka media sosial kini juga punya peran terhadap ketidakpercayaan diri si kecil akibat paparan terhadap komentar negatif, kritik, atau pemicu lainnya.

Pastikan Genhype bisa mengetahui apa yang terjadi di kehidupan pribadi dan sosialnya tanpa harus mengganggu ruang geraknya yang bisa memicu ketidaknyamanan.
 

4. Gunakan pendekatan yang baik

Saat memberikan penegasan dengan kondisi si kecil yang merasa tidak percaya diri, pendekatan yang baik seperti sikap baik dan rasa cinta tanpa batas adalah cara yang lebih disarankan ketimbang menggunakan pendekatan tegas yang terkesan kasar.

Alasannya adalah pendekatan yang baik dengan menyadari kerja keras dan memberikan semangat bisa mendorong anak untuk bisa berubah dibandingkan dengan cara-cara yang kasar yang bisa memicu beban pikiran yang bertambah.
 

5. Buat ruang aman dan penuh kasih sayang di rumah

Cara paling baik untuk mencegah adanya ketidakpercayaan diri adalah membuat ruang yang aman dan penuh kasih sayang di rumah. Contohnya adalah melindungi si kecil dari energi negatif serta menyiapkannya dengan dunia yang realistis dan penuh kompetisi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Waspada, Penyakit Ini Mengintai Akibat Aromaterapi

BERIKUTNYA

Clapback Jungkook BTS Balas Haters saat Konser Online Permission to Dance

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: