Essensial oil bermanfaat bagi kesehatan. (dok. Christine Hume di Unsplash)

Minyak Atsiri, Alami Kaya Manfaat

19 May 2021   |   13:15 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Minyak Atsiri atau essensial oil sering digunakan untuk terapi karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Saat menghirup minyak essensial oil, seseorang akan merasa lebih rileks karena kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dan menghilangkan kadar stress pada tubuh, detak jantung pun menjadi lebih teratur.

Prof. Irmanida Batubara, Kepala Pusat Studi Bio Farmaka Tropika LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) IPB mengatakan bahwa minyak astiri merupakan larutan ekstrak yang dihasilkan dari berbagai rempah alami khas Nusantara yang mengandung senyawa aktif di dalamnya seperti antibakteri, antivirus, antijamur, dan analgesik.

Sementara itu, Aisha Maharani, Senior Halal Consultant sekaligus CEO dari Halal Corner dan Nabilla Ayumu mengatakan penggunaan minyak esential telah dilakukan sejak lama untuk menunjang kesehatan tubuh, terlebih bagi yang menganut gaya hidup alami.

“Menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit hingga menyembuhkan penyakit kronis dapat dicapai dengan gaya hidup alami, selain beraktivitas sesuai jam biologis tubuh, melakukan oil pulling juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan  untuk gaya hidup alami,” ucapnya.

Kini pemanfaatan rempah khas nusantara dapat dirasakan khasiatnya melalui Minyak Balur Kauniyah yang diramu dari 13 esential oil therapeutic grade dalam balutan minyak astiri yang memiliki aroma khas yang unik menenangkan serta memiliki khasiat yang besar.

Seperti minyak zaitun yang berfungsi sebagi anti mikroba, anti oksidan dan anti inflamasi, minyak kelapa yang mampu membunuh bakteri, virus dan jamur, minyak sereh yang memiliki efek detoksifikasi, meredakan peradangan dan mencegah infeksi.

Selain itu ada pula minyak bunga lawang yang mengandung glinalol dan vitamin C dan mengurangi aktivitas sel kanker; minyak cengkeh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh; minyak adas yang digunakan untuk meredakan pilek dan flu, serta kandungan minyak lainnya.
 
Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Artist of the Month JOOX, Ini Single Terbaru Alan Walker “Believers”

BERIKUTNYA

HYBE EDU Rilis Produk Baru: Belajar Bahasa Korea Sama BTS Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: