Ilustrasi lotek (Dok. Rudy TV/YouTube)

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Lotek, Karedok, Gado-gado & Pecel

10 October 2021   |   06:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Selain memiliki keanekaragaman adat, budaya, dan alam, Indonesia juga memiliki ragam kuliner khas yang tak terhitung jumlahnya. Setiap daerah memiliki kuliner khas, tetapi ada juga beberapa makanan yang bentuknya sekilas sama dari beberapa daerah tetapi nyatanya berbeda seperti lotek, karedok, gado-gado dan pecel.

Sajian yang semuanya berbahan dasar sayuran dengan bumbu kacang itu cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Meski hanya berbahan sayuran, paduan bumbu kacangnya membuat rasa hidangan itu menjadi lebih nikmat dan mengenyangkan.

Sekilas, hidangan tersebut memang tampak serupa, bahkan tak sedikit yang menganggap makanan tersebut hanya berbeda dari nama dan daerahnya saja. Nyatanya makanan tersebut memiliki perbedaan lho Genhype. Supaya enggak bingung, simak yuk penjelasannya berikut ini.

Bahan dasar sayuran
Dari keempat makanan itu, lotek lah yang menggunakan paling sedikit sayuran yakni hanya terdiri dari bayam, kol, dan tauge. Sebelum disajikan, sayuran tersebut direbus terlebih dahulu sampai matang.

Tak hanya lotek, gado-gado dan pecel pun sayurannya direbus terlebih dahulu. Bedanya, kedua makanan itu lebih banyak menggunakan jenis sayuran seperti kangkung, labu siam, mentimun, jagung, tempe/tahu goreng untuk gado-gado, serta daun singkong, daun pucuk pepaya, kembang turi, dan kacang panjang untuk pecel.

Sedikit berbeda, dalam karedok, bahan sayuran seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, terong hijau, dan kemangi hanya dicuci bersih dan dipotong-potong kemudian disajikan mentah.
 

Ilustrasi karedok (Dok. Dapur Manda/YouTube)

Ilustrasi karedok (Dok. Dapur Manda/YouTube)

Bumbu kacang
Sekilas bumbu kacang yang digunakan memang terlihat sama, namun jika dicicipi itu akan terasa berbeda. Pada lotek dan karedok, bumbu kacangnya menggunakan tambahan tempe goreng, terasi dan kencur, sehingga tak heran jika bumbu lotek dan karedok bertekstur lebih padat dan kental.

Sedikit berbeda, pada bumbu kacang gado-gado, tidak menggunakan kencur dan campuran tempe, tetapi ditambahkan sedikit kecap sehingga lebih warna bumbunya lebih gelap dan cenderung encer.

Sementara itu, bumbu pecel lebih sederhana daripada yang lainnya. Bumbunya hanya terdiri dari kacang tanah goreng, bawang putih, sedikit cabai dan irisan daun jeruk yang membuat aromanya menjadi lebih wangi.
 

Ilustrasi pecel (Dok. Resep Bunda Tika/YouTube)

Ilustrasi pecel (Dok. Resep Bunda Tika/YouTube)

Cara penyajian
Lotek, karedok, dan gado-gado memiliki cara penyajian yang sama yakni bumbu kacang akan terlebih dahulu disiapkan dalam cobek atau piring, kemudian letakkan bahan-bahan sayuran dan pelengkap seperti lontong atau ketupat di atasnya dan aduk hingga semuanya tercampur rata.

Sedikit berbeda pada pecel. Biasanya bumbu pecel sudah dibuat terlebih dahulu menjadi bentuk bumbu kacang yang padat. Ketika ingin disajikan, hanya perlu ditambahkan air hangat sampai bumbu mengental. Letakkan sayuran yang sudah direbus di atas piring, kemudian siram dengan bumbu kacang di atasnya.

So, sekarang sudah enggak bingung lagi kan Genhype?

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Klip Daechwita BTS Raih 300 Juta Views di Youtube

BERIKUTNYA

Penuh Petualangan di Amazon, Ini Sinopsis Film Disney 'Jungle Cruise'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: