Ilustrasi orang yang bekerja dari rumah (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Konsep Hybrid Jadi Cara Bekerja pada Masa Depan

10 October 2021   |   06:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang besar terhadap budaya dan sistem kerja. Saat ini kebanyakan karyawan tidak lagi harus bekerja dari kantor walaupun cepat atau lambat akan ada masanya mereka harus kembali bekerja di kantor. Kondisi tersebut akhirnya memunculkan istilah sistem kerja fleksibel.

Wakil Presiden IWG Sales ASEAN Korea Selatan, Lars Wittig, mengatakan masa depan cara kita bekerja adalah hybrid yang menyediakan solusi yang memberikan manfaat besar bagi perusahaan dan karyawan. 

Dia mengatakan satu studi pada Januari 2021 menemukan bahwa 83 persen perusahaan merasa transisi untuk bekerja secara jarak jauh telah berhasil, dan meningkat sebanyak 10 persen sejak Juni 2020. Ketika perusahaan melihat masa depan setelah pandemi, banyak perusahaan yang berencana untuk menerapkan sistem kerja hybrid dengan kombinasi kerja dari kantor dan kerja secara remote.
 

y

Ilustrasi orang yang bekerja dari rumah (Dok.  olivia danilevich/Pexels)

Menurutnya, cara kerja fleksibel akan memberikan keuntungan finansial yang besar karena perusahaan dapat memangkas biaya operasional, meminimalisir risiko dan tumbuh dengan lebih cepat.

“Sistem kerja remote telah berhasil dijalankan oleh berbagai bisnis, serta para karyawan perusahaan yang memberikan produktivitas, fleksibilitas, dan manajemen kerja yang lebih baik,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/10/2021).


Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan efisiensi yang didukung oleh kesiapan teknologi, bisnis, dan pekerja dalam pemanfaatan inovasi digital seperti platform atau aplikasi manajemen kerja tim.

Tidak hanya dari sisi perusahaan, menurut Lars model kerja hybrid juga menguntungkan bagi karyawan, karena kesehatan mental para karyawan akan menjadi lebih baik dan tentunya akan mengurangi biaya transportasi yang digunakan untuk pergi ke kantor utama.

“Dengan memilih lokasi yang dekat dengan masyarakat setempat, perusahaan dapat menjaring talenta yang lebih baik, yang tertarik dengan sistem kerja fleksibel,” katanya.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Taeil NCT Bakal Tampil di Album Terbaru DJ Raiden

BERIKUTNYA

Netflix Sunting Adegan Penayangan Nomor Telepon di 'Squid Game'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: