ilustrasi makanan cepat saji (dok. Brian Chan on Unsplash)

Pebisnis Kuliner Wajib Tahu, Ini Menu Paling Banyak Dipesan Setiap Hari

04 October 2021   |   17:55 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Selama masa pandemi, banyak masyarakat yang memilih untuk membeli makanan melalui layanan aplikasi pesan-antar yang praktis dan enggak perlu keluar rumah. Sebagian besar dari mereka yakni 72% memesan makanan untuk satu keluarga dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp71.000 per pesanan.

Ada beberapa alasan utama seseorang menggunakan layanan pesan-antar makanan yaitu menghindari antrean di restoran, tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, dan ingin memuaskan hasrat terhadap aneka jenis makanan yang tidak bisa dimasak sendiri di rumah.

Nah, berdasarkan hasil laporan tren kuliner selama pandemi Covid-19 yang dikeluarkan oleh Grab Indonesia dan NielsenIQ  terdapat 10 kategori makanan yang paling banyak dicari di GrabFood.

Yakni makanan cepat saji sebagai menu yang paling banyak dicari, selanjutnya ada martabak, pizza, bakso, ayam, nasi goreng, burger, seblak, mie dan sate. Faktanya, bahwa sepanjang 2020 masyarak Indonesia telah memesan hampir 7 juta martabak.

Jika diperinci untuk sarapan, makan siang, makan malam, serta jam makan di luar waktu tersebut. Masing-masing juga memiliki menu favoritnya sendiri.
 

1. Sarapan

Pembatasan selama masa pandemi, membuat lebih banyak orang memesan makanan untuk sarapan, dan dari laporan tersebut terlihat bahwa pesanan pada saat sarapan mengalami kenaikan paling tinggi di sepanjang 2020.
Rata-rata konsumen mengeluakan anggaran sebesar Rp25.000 hingga Rp27.000 untuk membeli menu sarapan dengan puncak pesanan berada di jam 9 hingga 10 pagi. Adapun menu makanan yang paling banyak dipesan ialah bubur ayam, perkedel, brownies, sate usus, mie ayam, bakwan, soto ayam, dan tempe sedangkan untuk minumannya ialah es teh, kopi susu dan es jeruk.

“Bagi pelaku usaha usahakan untuk membuka sebelum jam 9 pagi dengan membuat menu sarapan sederhana. Pertimbangkan juga untuk menawarkan 1 paket yang terdiri dari menu utama dan minuman (teh atau kopi),” tulis laporan tersebut.
 

2. Makan siang.

Secara umum, nilai pesanan belanja untuk makan siang bertumbuh 20% karena kesibukan saat WFH sehingga konsumen lebih memilih kenyamanan dengan memesan menu makan siang. Biasanya, para konsumen mencari lebih banyak pilihan dan hemat secara biaya dengan rata-rata alokasikan anggaran sebesar Rp34.000 hingga Rp36.000.

Adapun menu yang paling banyak dipesan untuk makan siang di GrabFood ialah mie goreng pedas, ayam geprek, perkedel, nasi rendang, nasi ayam bakar, ayam goreng, udang rambutan, dan siomay. Sedangkan minuman yaitu kopi susu, kopi susu gula aren, es teh, teh susu coklat huzelnut, dan jus jeruk.

Fakta unik yang ditemukan bahwa di sepanjang 2020, terdapat lebih dari 42 juta pesanan hidangan berbahan dasar ayam saat makan siang.

Nah, dengan berbagai data di atas, maka pelaku usaha kuliner dapat membuat paket makan siang di kisaran harga Rp34.000 hingga Rp36.000 yang di dalamnya sudah ada makanan dan minuman. Usahakan juga untuk meletakkan makanan atau minuman di wadah yang mudah dinikmati dan dibersihkan.
 

3. Makan malam.

Pada saat makan malam, biasanya konsumen cenderung mau menghabiskan lebih banyak uang, dan biasanya dinikmati bersama-sama dengan keluarga, rata-rata 4 hingga 5 orang dengan anggaran sekitar Rp37.000 hingga Rp39.000 untuk makan malam.

“Orang Indonesia memesan lebih banyak menu untuk makan malam. Hanya 1 dari 10 orang yang memesan makanan untuk dirinya sendiri,” dikutip dari laporan.

Adapun menu paling banyak dipesan yakni mie goreng pedas, nasi goreng, sate ayam, lontong, udang rambuta, ayam goreng pedas, ayam geprek. Dengan minuman es teh, es jeruk, dan kopi susu.

Bagi pelaku usaha, promosikan paket makan malam untuk keluarga. Karena konsumen biasanya ingin mencoba makanan yang berbeda saat makan malam, maka tawarkanlah menu baru untuk paket malam hari.
 

4. Santai sore.

Di antara waktu antara siang dan malam, ternyata konsumen juga banyak yang memesan menu untuk menikmati waktu santai sore diantara pukul 2 hingga 5 sore. Rata-rata anggara konsumen untuk santai sore sekitar Rp26.000 hingga Rp28.000.

Beberapa menu yang biasanya dipesan antara lain mie goreng pedas, udang rambutan, ayam geprek, siomay, udang keju, ayam goreng pedas, kentang goreng, dan ayam bakar. Adapun untuk minuman yakni teh susu coklat huzelnut, kopi susu, es teh, kopi susu gula aren, es susu boba gula merah, dan es jeruk.

“Faktanya bahwa 1 teh susu coklat hazelnut dipesan setiap 10 detik selama santai sore di tahun 2020.”
 

5. Selepas makan malam.

Usai menikmati makan malam, biasanya orang Indonesia juga senang menikmati makanan ringan di malam hari antara pukul 10 malam hingga 5 subuh. Rata-rata mereka mengeluarkan anggaan Rp22.000 hingga Rp24.000 denagn menu yang paling banyak dipesan ialah nasi goreng ayam, ayam goreng, kentang goreng, burger daging sapi, ayam popcorn pedas, es krim, lontong, dan sate ayam.

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

6 Seniman Hadirkan Karya Multiindrawi di Galeri Salihara

BERIKUTNYA

Penelitian Baru Ini Buktikan Monday Blues Benar Ada

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: