Ilustrasi melon (Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

Tak Hanya Manis, Melon Juga Punya 5 Manfaat Ini untuk Tubuh

04 October 2021   |   09:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Melon adalah buah berbentuk bulat yang berasal dari jenis Cucumis melo. Ciri khasnya tampak pada warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang hijau terang. Kebanyakan orang biasanya menyukai buah ini karena rasanya yang manis dan segar. Meski begitu, melon juga mempunyai banyak manfaat.

Kandungan gizi melon termasuk yang paling beragam bila dibandingkan dengan buah-buahan sejenisnya. Buah berdaging lembut ini juga tinggi kandungan air. Bahkan, hampir 90 persen dari daging buah melon adalah air.

Seperti dilansir dari Healthline, Senin (4/10), berikut adalah beberapa manfaat melon bagi kesehatan berkat kandungan gizinya yang beragam.

1. Menjaga hidrasi tubuh
Salah satu buah yang bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah melon. Hal itu karena melon mengandung sekitar 90 persen air dan elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi tersebut membuat melon akhirnya baik untuk menghidrasi setelah berolahraga, selama sakit, atau untuk menjaga tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Membuat kulit sehat
Kandungan vitamin C yang tinggi pada melon juga bisa membuat kulit menjadi sehat. Asupan vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat yakni protein struktural utama untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

Selain itu, karena vitamin C adalah antioksidan yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan itu dapat melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat sinar matahari.
 

e

Ilustrasi melon (Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

3. Meningkatkan imunitas tubuh
Vitamin C juga dikenal perannya sebagai penguat sistem imunitas tubuh dan buah melon sarat dengan nutrisi itu. Sistem kekebalan tubuh manusia cukup kompleks dan membutuhkan beragam nutrisi untuk berfungsi dengan baik dan vitamin C adalah komponen penting.

Dalam 177 gram melon setidaknya menyediakan setengah RDI untuk vitamin C, sehingga bagus untuk dikonsumsi dalam menu diet kamu.

4. Menyehatkan sistem pencernaan
Melon juga mengandung serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Asupan serat makanan yang cukup bisa memperlambat respons gula darah dan meningkatkan keteraturan usus serta pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

Dalam 177 gram melon menyediakan setidaknya 1,5 gram atau sekitar 5 persen RDI untuk membantu asupan serat harian tubuh.

5. Menjaga kesehatan mata
Ada dua antioksidan kuat yang terkandung dalam melon yakni lutein dan zeaxanthin. Senyawa karotenoid itu terkenal untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah potensi kehilangan penglihatan yang berkaitan dengan usia seseorang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa secara teratur mengonsumsi melon, dapat mendukung fungsi mata yang baik sepanjang hidup seseorang.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Startup yang Dapat Pendanaan Catat Pertumbuhan Saat Pandemi

BERIKUTNYA

TikTok & PUBG Mobile Paling Banyak Diunduh Selama Q3 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: