Masakan Kanton di Lung King Heen, Restoran berbintang 3 Michelin (dok. Discover Hong Kong)

Menjelajahi Wisata Kuliner Terbaik di Hong Kong

30 September 2021   |   19:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Hong Kong telah menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan untuk menikmati beragam kuliner dunia. Di sini kalian bisa menikmati bebek panggang yang sempurna, mie yang kenyal dengan daging sapi, atau satu nampan dimsum kukus.

Mulai dari kelezatan lokal sederhana di Cha Chaan Teng (kafe lokal), hidangan klasik Kanton di Dai Pai Dongs (warung pinggir jalan), hingga anggur dan santapan mewah di restoran berbintang Michelin, Hong Kong memiliki semuanya.

Reputasi Hong Kong sebagai tujuan wisata kuliner yang menyajikan hidangan-hidangan fantastis diperkuat pada tahun 2009, ketika Michelin Guide memulai debutnya di kota tersebut dengan memberikan 31 bintang pada 22 restoran ternama  di Hong Kong.
 

Masakan Kanton di Lung King Heen, Restoran berbintang 3 Michelin (dok.Discover Hong Kong)

Masakan Kanton di Lung King Heen, Restoran berbintang 3 Michelin (dok.Discover Hong Kong)

Dalam semalam, the Guide telah membuat gebrakan baru di antara pecinta kuliner, menjadikan Hong Kong sebagai pelabuhan untuk beberapa makanan terbaik di Asia dan juga bagi para koki ambisius untuk membuat pencapaian mereka.

Nicolas Achard, Managing Director Michelin Food & Beverage Asia mengatakan bahwa Michelin Guide memperjuangkan kancah kuliner Hong Kong dengan menonjolkan standar tinggi untuk masakan Kanton.

“Pada tahun 2009, The Guide memberikan Lung King Heen dengan tiga bintang Michelin, yang merupakan restoran China pertama dan satu-satunya di dunia pada saat itu yang menerima penghargaan tersebut, yang membantu mengangkat masakan Kanton untuk masuk ke dalam destinasi wisata kuliner,” ujarnya dalam siaran pers.
 

8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA (dok. Discover Hong Kong)

8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA (dok. Discover Hong Kong)

Selain Masakan Kanton, ada pula 8 ½ Otto e Mezzo BOMBANA, restoran Italia pertama dan satu-satunya di luar Italia yang diakui dengan tiga bintang Michelin. Kepala Koki Umberto Bombana, telah tinggal di Hong Kong selama hampir tiga dekade.

Restoran terkenal lainnya adalah New Punjab Club, yang telah mengangkat hidangan Punjabi ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan menu hidangan seperti daging rusa tandoori yang disiram dengan lassi mangga yang menyegarkan, restoran ini juga merupakan restoran Pakistan pertama di dunia yang diakui dengan bintang Michelin.
 

Restoran Arcane (dok. Discover Hong Kong)

Restoran Arcane (dok. Discover Hong Kong)

Suasana makan yang semarak juga telah menarik banyak koki internasional untuk mendirikan restoran di Hong Kong. Salah satunya adalah koki Shane Osborn yang datang ke Hong Kong pada 2012 dan membuka St Betty untuk pertama kalinya, dua tahun kemudian dia mendirikan tempatnya sendiri, Arcane, dan pada 2018 diakui dengan bintang pertamanya.

“Hong Kong adalah kota yang sangat internasional dengan budaya kuliner yang dinamis. Orang-orang suka menjelajah dan mencoba hal-hal baru, mereka sangat berpikiran terbuka dalam hal restoran. Anda bisa mendapatkan segala jenis hidangan di Hong Kong dan untuk restoran atau para koki, Hong Kong adalah tempat yang sangat menarik,” ujar Shane Osborn.

Street Food
 

Mak Man Kee Noodle Shop (dok. Discover Hong Kong)

Mak Man Kee Noodle Shop (dok. Discover Hong Kong)


Tidak hanya dikenal dengan restoran mewahnya, Hong Kong juga memiliki restoran yang khusus pada makanan lokal yang sesuai untuk mereka dengan anggaran lebih sedikit, atau untuk para petualang yang ingin mencicipi kedai jajanan kota.
 
Selain restoran fine-dining berbintang tiga, Hong Kong juga membanggakan salah satu restorannya yang diakui Michelin dengan harga terjangkau. Terletak di lingkungan para pekerja Sham Shui Po, Tim Ho Wan merupakan restoran terjangkau yang memegang predikat bintang Michelin selama 10 tahun berturut-turut.

Hong Kong adalah salah satu dari sedikit kota yang kedai jajanan atau streetfood -nya diakui oleh Michelin Guide. Distrik Jordan dan Yau Ma Tei memiliki beberapa kedai jajanan yang termasuk dalam Michelin Guide ini.

Bagi penikmat hidangan mi, bisa mencoba Mak Man Kee Noodle Shop yang sudah berusia lebih dari enam dekade dan masih menyajikan mie telur kenyal dengan wanton udang ukuran besar.

Sementara itu, Kai Kai Dessert terkenal dengan makanan penutup tradisional Kanton seperti sup wijen hitam dengan bahan wijen hitam segar yang baru digiling, sup almond, dan pangsit yang diisi dengan pasta wijen hitam.

Meskipun pandemi, wisata kuliner Hong Kong telah berkembang pesat, semakin banyak restoran yang dibuka, dan sekarang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan awal tahun ini.

Kota ini telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menjaga jumlah kasus lokal menjadi satu digit dalam beberapa bulan terakhir, dan dengan meningkatnya jumlah orang yang divaksinasi, penduduk merasa lebih percaya diri untuk makan di luar.



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tips Memilih Pakaian Nyaman & Bergaya untuk Si Kecil

BERIKUTNYA

Chef Degan Septoadji Hadirkan Meat Masterclass di JAPFA Experience

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: