ilustrasi croissant pastry (dok.Mae Mu on Unsplash)

Jangan Keliru, Ini Bedanya Bakery & Pastry

29 September 2021   |   12:54 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tentu sudah sering mendengar dua jenis sajian yang serupa tapi beda yakni pastry dan bakery. Namun, sering kali orang sulit membedakan keduanya dan menganggap pastry dan bakery adalah dua jenis makanan yang sama lantaran selalu disandingkan dan dijual di toko yang sama.

Padahal, bakery ini merupakan salah satu bagian dari pastry yang lebih fokus pada roti-rotian yang menggunakan tepung terigu dan ragi sebagai bahan utama dengan tambahan ragi serta melalui proses pemanggangan.

Sementara pastry sendiri berasal dari bahasa Prancis yaitu dari kata patisserie yang artinya kue. Untuk membuat kue, bahan-bahan utama yang dibutuhkan adalah margarin, tepung, telur, air, dan gula.

Umumnya pastry merupakan produk kue manis atau kue kering dengan bahan krim, mentega, telur, dan susu. Setiap kue yang dihias mulai dari yang sederhana hingga yang mewah masuk dalam kategori pastry.
Misalnya saja, Eclair, Croissant, Brioches, kue, tart, custard, cokelat, kembang gula, makanan penutup merupakan bagian dari pastry.

Perbedaan utama antara pastry dan bakery adalah penggunaan fermentasi. Bakery umumnya menggunakan adonan fermentasi yang terbuat dari ragi sehingga membuatnya lebih mengembang seperti aneka jenis roti, donat, biskuit, pizza, dan lain sebagainya.

Baik bakery atau pastry keduanya membutuhkan lemak tetapi fungsinya berbeda. Jika di pastry lemak dapat membuat adonan tekstur menjadi renyah dan memuat lapisan luar dalam menjadi bagus, untuk bakery sendiri lemak dapat meningkatkan rasa, memperkuat jaringan tepung dan menjadikan hasil bakery lebih lembut dan tidak cepat keras.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kualitas Suara Jadi Keluhan saat Pertemuan Daring

BERIKUTNYA

Pesona Pemain Baru Kate Sharma dalam Trailer Pertama Bridgerton Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: