Mengonsumsi makanan sehat cara terbaik menurunkan berat badan. (Unsplash/Diana Polekhina)

Ini Nih 6 Hal yang Bikin Susah Turunkan Berat Badan

18 May 2021   |   10:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat menjalani diet, Genhype sering merasa nggak sih susah banget buat turunin berat badan? Sampai bertanya ke diri sendiri atau orang lain, 'kenapa ya susah banget biar berat badan turun?'

Ini adalah pertanyaan yang banyak orang rasakan dan tanyakan juga lho. Selain alasan yang jelas misalnya karena makanan lezat dan sulit olahraga, ada banyak faktor yang memengaruhi penurunan berat badan.

Dilansir Cnet, Selasa (18/5) berikut ini adalah enam alasan kenapa kalian sulit untuk menurunkan berat badan, simak yah!

1. Kalian punya sikap jangka pendek
Jika kalian menginginkan penurunan berat badan dengan sikap jangka pendek, yakin lah upaya itu tidak akan berhasil sama sekali.

Tanpa pendekatan jangka panjang, berat badan kalian mungkin bisa turun drastis dalam waktu singkat tapi kemudian mengalami peningkatan lagi. Dan kalian akan berpikir bahwa upaya yang dilakukan akan sia-sia.

2. Pola pikir semua atau tidak sama sekali
Banyak di antara kita yang memiliki pola pikir semua atau tidak sama sekali. Contohnya, berhenti mengonsumsi semua makanan olahan atau melakukan semua olahraga yang bisa dijalani secara bersamaan.

Masalahnya, kondisi ini membuat kita seringkali merasa tidak enak dan tidak nyaman. Pada akhirnya, kita akan kembali mengonsumsi apa yang sebelumnya dihindari, dan siklus ini terus berulang.

3. Tidak memiliki sistem pendukung
Anggota keluarga, teman, dan orang penting lainnya yang suportif penting untuk keberhasilan penurunan berat badan kalian.

Kenapa ini menjadi penting? karena tak bisa dipungkiri banyak orang yang melakukan diet mendapatkan stigma dari orang-orang di sekitarnya. Hal ini tentu membuat mereka menjadi tidak termotivasi untuk terus melakukan upayanya.

4. Pikiran bahwa olahraga adalah segalanya
Olahraga memang menjadi bagian dari pendekatan untuk menurunkan berat badan, tapi sulit untuk mencapai hal tersebut hanya dengan berolahraga.

Dalam industri kebugaran, ada pepatah populer yang mengatakan bahwa 'perut dibentuk di dapur, bukan di gym'. Jadi kalian juga harus memerhatikan pola makan untuk menurunkan berat badan.

5. Tidur, stres, dan beban kerja
Menurunkan berat badan akan menjadi jauh lebih sulit jika kalian mengalami stres, kurang tidur, atau terlalu banyak beban pekerjaan.

Tidak apa-apa jika hal ini terjadi sesekali, tapi penurunan berat badan tidak mungkin dilakukan jika ini terjadi sepanjang waktu. Jadi, manajemen kesehatan mental juga penting dalam proses ini.

6. Mengonsumsi suplemen ketimbang makanan sehat
Suplemen penurun berat badan seringkali tidak bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa suplemen tertentu mungkin terbukti, tapi tidak ada yang pasti.

Konsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Tinggal, bagaimana mengatur pola makan yang bisa mendukung upaya tersebut.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Lukisan Ikonik Personal Pablo Picasso Terjual US$ 20,9 Juta di Acara Lelang Sotheby

BERIKUTNYA

Siap-Siap! 88Rising Kembali Adakan Konser Amal Virtual pada Mei 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: