Femme assise en costume vert (Picasso, 1952)- (Dok. Sotheby)

Lukisan Ikonik Personal Pablo Picasso Terjual US$ 20,9 Juta di Acara Lelang Sotheby

18 May 2021   |   09:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Muncul dalam acara pelelangan untuk pertama kalinya setelah hampir 35 tahun, lukisan memukau Pablo Picasso yang terinspirasi dari pasangannya Francoise Gilot meramaikan acara lelang malam seni impresionis dan seni modern Sotheby pada 12 Mei di New York.

Femme assise en costume vert adalah karya Picasso akhir tahun 1952 yang menggambarkan Gilot selama pasangan tersebut tinggal bersama dua anak mereka di Prancis. Lukisan tersebut menggambarkan kegembiraan Picasso dengan keluarganya.
 

Femme assise en costume vert (Picasso, 1952)- Dok. Sotheby

Femme assise en costume vert (Picasso, 1952)- Dok. Sotheby

Lukisan itu kembali ke pelelangan setelah dibeli oleh seorang kolektor Eropa pada tahun 1986 dari Sotheby dengan harga US$568.000.

“Sebelum ini, beberapa potret Gilot dalam karya Picasso yang kualitasnya sebanding dengan yang satu ini masing-masing telah tampil dengan sangat baik,” kata Wakil Kepala Departemen Seni Impresionis dan Modern Sotheby Julian Dawes dalam sebuah keterangan resmi.

Lukisan Femme assise en costume vert dari Picasso tersebut jarang terlihat dalam acara pelelangan sehingga menjadi hal menarik tersendiri dan diperkirakan karya itu akan terjual dengan harga antara US$14 juta hingga US$18 juta.

Ternyata, berdasarkan informasi di situs resmi Sotheby,  lukisan tersebut justru laku terjual dengan harga yang cukup fantastis yaitu US$20,9 juta.

Dengan bentuk komposisi kubisme yang cukup mencolok dan palet warna yang elegan, lukisan tersebut adalah salah satu karya mendalam dan sangat teknis yang menandai puncak dari kolaborasi pribadi dan artistik Picasso dan Gilot.

Picasso pertama kali bertemu Gilot pada Mei 1943, ketika sang seniman masih berhubungan dengan seniman surealis Dora Maar. Gilot seketika menjadi inspirasi Picasso dan akhirnya mengilhami arah baru dalam kekaryaannya.

Selama satu dekade berikutnya, Picasso menghasilkan karya yang mengesankan yang menggambarkan kesenangan yang dia alami dengan Gilot dan anak-anak mereka meskipun akhirnya mereka berpisah.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Unik! H&M Bikin Program Penyewaan Baju Pria untuk Wawancara Kerja

BERIKUTNYA

Ini Nih 6 Hal yang Bikin Susah Turunkan Berat Badan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: