Ilustrasi memasak. (Dok. Sarah Chai dari Pexels)

5 Tips Mudah untuk Nikmati Kegiatan Masak bagi Pemula

25 September 2021   |   12:57 WIB

Bagi sebagian orang, memasak tak hanya menghemat biaya tapi juga mengasyikkan. Akan tetapi, tidak semua orang dapat menikmati kegiatan memasak. Ada juga orang-orang yang menganggapnya sulit. Sebagian bahkan ada yang memiliki ketakutan dalam proses memasak, seperti takut terkena minyak.

Buat Genhype yang baru saja mulai untuk mencoba masak, dan ingin mencoba membuatnya lebih menyenangkan, berikut lima tipsnya.

1. Mulai dari menu satu orang
Mengingat memasak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, coba Genhype mulai merencanakan kegiatan memasak untuk menu satu kali makan untuk satu orang. Tidak perlu langsung memasak untuk orang rumah, atau menu tiga kali makan, yang berpotensi bisa gagal saat awal-awal memasak. 

Biasanya seiring dengan adaptasi diri di dapur, Genhype bisa mulai meningkatkan intensitas memasak jadi memasak untuk tiga kali makan atau memasak beberapa kali dalam sepekan.

2. Masak sarapan untuk makan malam
Meski sarapan selalu identik sebagai makanan yang dimakan saat pagi hari, enggak ada salahnya untuk bereksperimen menyediakan menu sarapan saat makan malam. Menu yang dapat dicoba misalnya comfort food seperti french toast, sandwich, hingga bubur. Menu sarapan pagi biasanya lebih mudah dibuat dan dianggap sebagai salah satu menu makanan yang paling enak dalam sehari.

3. Masak makanan satu tempat yang mudah
One-dish meal atau makanan yang dimasak hanya dengan satu tempat (mis. wajan, teflon, atau di panci) merupakan makanan yang dianggap lebih simpel dan mudah karena tidak memerlukan terlalu banyak peralatan. Metode ini ditambah dengan menu makanan yang simpel bisa jadi kombinasi untuk menikmati kegiatan memasak yang lebih simpel.

Genhype, misalnya, bisa mencoba memasak makanan seperti pasta dengan saus yang simpel seperti spaghetti aglio e olio yang hanya membutuhkan tambahan minyak, bawang putih, dan cabai sebagai bahan utama yang dimasak dalam satu panci. 

4. Enggak apa-apa untuk pakai teknik lebih cepat
Memasak enggak selamanya harus mengandalkan bahan-bahan mentah yang dibuat dari nol. Sebagai contoh, Genhype tidak perlu membuat saus sendiri hanya untuk membuat pasta.

Untuk itu, Genhype bisa menyiapkan beberapa bahan seperti sayuran beku, saus botolan, atau nasi yang dibeli dari restoran. Pastikan Genhype juga mulai menyiapkan beberapa bahan umum yang biasa digunakan saat memasak seperti telur, minyak, mentega, berbagai variasi tepung, produk susu, dan bahan lainnya.

5. Sabar
Kesabaran adalah kunci saat memasak, di mana ketika Genhype memasak dengan perlahan dan benar sesuai resep maka Genhype bisa menikmati kegiatan memasak hingga pada tahap Genhype tidak masalah ketika harus memasak untuk orang lain.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Coldplay & BTS Ekspresikan Cinta Tanpa Batas dalam Lagu My Universe

BERIKUTNYA

Punya Kotak Mooncake Bekas? Yuk Jadikan Kontainer untuk 6 Barang Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: