nasi liwet (dok. Dewi Andriani)

Membuat Nasi Liwet dengan Grilled Prawn dan Crispy Roll Dory Yuk

19 September 2021   |   15:26 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang ingin berkreasi membuat berbagai menu kuliner khas Nusantara yang nikmat, saat ini sudah tidak perlu repot lagi untuk meracik bumbu, karena sudah banyak bumbu kemasan yang makin memudahkan dalam proses masak-memasak.

Apalagi di hari libur seperti saat ini, Genhype bisa berkreasi membuat nasi liwet dengan tambahan Grilled Prawn dan Crispy Roll Dory. Tidak perlu menggunakan banyak bumbu dapur, sebab kalian hanya membutuhkan bumbu kemasan seperti bumbu opor yang dapat dikreasikan menjadi aromatic rice atau nasi liwet.

Chef Igo mengatakan untuk proses membuatnya sangatlah mudah.

Pertama, cuci bersih 700 gram beras, kemudian saat mau ditanak, tambahkan bumbu opor, lalu masukkan air sesuai takaran dan aduk rata, lalu tunggu hingga matang.

“Tanpa harus perlu membuat bumbu-bumbu dapur khusus, siapa pun kini sudah bisa membuat Nasi Liwet dengan proses yang praktis,” terangnya.

Setelah nasi matang, proses penyajiannya dapat dilengkapi dengan topping teri medan dan daun kemanggi sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang semakin nikmat.

Selain itu, Chef Igo juga menambahkan menu lainnya untuk dinikmati bersama Nasi Liwet yaitu Grilled Prawn dan Crispy Roll Dory, yang juga dikreasikan secara praktis dengan bumbu kemasan, tanpa perlu menambah bumbu dapur lainnya.

 
Ilustrasi Grilled Prawn
Chef Igo menggunakan 400 gram udang berukuran besar yang telah dicuci, kemudian dicampurkan dengan sambal terasi dan santan cair. Selanjutnya diberi tambahan bumbu lumur ayam special untuk memberikan sensasi rasa manis dan gurih.

“Diaduk rata semuanya, kemudian dimarinate atau didiamkan dulu selama 30 menit sehingga semua bumbu meresap,” ujarnya.

Sambil menunggu proses marinasi udang, bisa dilanjutkan dengan membuat Crispy Roll Dory berbahan dasar ikan Dory yang sudah digulung. Agar hasilnya lebih crispy, maka dalam proses memasaknya, ikan tersebut dimasukan ke dalam tepung seafood yang terbagi dua yaitu tepung basah dan tepung kering.

“Tepung basah ini komposisi airnya 1:2, dilarutkan sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Kalau suka asin boleh lebih kental, tetapi kalau tidak boleh lebih cair,” tuturnya.

Saat menggunakan tepung kering dan tepung basah, maka tidak boleh menggunakan tangan yang sama sebab akan membuatnya menggumpal dan tepung keringnya bakal lebih cepat habis.

Menurutnya, tangan kiri digunakan untuk memasukkan ikan ke dalam tepung basah, kemudian pindahkan ke tepung kering lalu aduk rata dan angkat menggunakan tangan kanan untuk kemudian dimasukkan ke dalam penggorengan.

“Kalau ayam boleh diremas lebih kencang saat dimasukkan ke dalam tepung kering sehingga rasanya akan lebih crispy dan keriting. Agar hasilnya lebih crispy, api yang digunakan panasnya harus stabil dan digoreng hingga posisinya tenggelam di dalam minyak,” terangnya.

Sementara memasak Crispy Roll Dory, udang yang dimarinasi bisa langsung di grilled di atas wajan yang sudah diberi butter dan sedikit minyak. Menurut Chef Igo, pemberian butter bisa menambah rasa menjadi lebih gurih.

Setelah Crispy Roll Dory dan Grilled Prawn matang, maka bisa dijadikan sebagai pelengkap dari Aromatic Rice. Adapun proses memasak ketiga menu tersebut ternyata hanya memakan waktu kurang dari satu jam, rasa yang dihasilkan pun tidak kalah nikmatnya dibandingkan dengan menu masakan yang ada di restauran.

Aromatic Rice nya memiliki rasa gurih yang nikmat dengan aroma bumbu yang menggoda. Adapun Grilled Prawn menghadirkan rasa pedas gurih dengan sedikit aroma grilled, sedangkan Crispy Roll Dory memiliki rasa gurih dan crispy dipadu dengan kelezatan daging ikan dory yang lembut dengan siraman sambal cocol.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Ragam Destinasi Wisata Keluarga nan Mewah di Dubai

BERIKUTNYA

Terjual Rp225 Juta, Ini yang Membuat Harga Monstera Variegata Begitu Mahal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: