Ilustrasi Klapertart (Dok. Wikimedia Commons/Cun Cun)

Cocok Buat Diet, Kreasikan Klapertart dengan Resep Unik Ini!

18 September 2021   |   12:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Klapertart adalah kudapan manis berbahan dasar kelapa dan krim dengan cita rasa dan aroma kayu manis. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini merupakan salah satu dari sekian resep peninggalan kolonial Belanda yang diadopsi oleh orang-orang Minahasa.

Klapertart berasal dari kata klappertaart (bahasa Belanda) yaitu ‘klapper’ dan ‘taart’ yang berarti kue tarsin atau kue tart.

Melansir dari laman Indonesia Kaya, rasa klapertart pada awalnya hanya berupa kacang kenari. Namun, seiring berjalannya waktu, klapertart hadir dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera seperti coklat, vanila, stroberi, dan kacang.

Selain itu, ada juga klapertart kukus yang bahan-bahannya menggunakan lemak rendah kalori dan kalsium tinggi untuk menggantikan susu dan gula dalam campuran adonannya.

Resep klapertart kukus memang cocok bagi kamu yang sedang menjalani proses diet untuk tetap bisa menikmatinya. Kalau kamu bingung mau masak apa di akhir pekan ini, coba yuk resep klapertart kukus berikut ini.

Bahan-bahan
75 gram tepung maizena
3 sdm tepung terigu
225 gram kelapa muda
250 gram susu kental manis
700 ml susu cair
3 butir kuning telur
¼ sdt vanilla essens
225 gram gula pasir
250 gram mentega
¾ sdt garam

Topping
10 gram kismis
60 gram kenari yang dipotong kecil
kayu manis secukupnya

Cara membuat
  • Campurkan susu kental manis dengan susu cair, lalu aduk hingga rata. Buat adonan lagi di wadah yang berbeda, lalu campurkan tepung terigu dan sedikit air lalu aduk sampai konsistensinya agak encer
  • Kocok kuning telur hingga halus dan mengembang. Jika sudah halus dan mengembang, campurkan tepung terigu, mentega ke dalam susu lalu aduk hingga rata. Rebus adonan hingga matang
  • Tunggu sampai adonan mendidih dan kental. Setelah itu, tambahkan vanilla esens dan potong buat kelapa menjadi rebusan adonan, lalu aduk sampai matang. Angkat lalu dinginkan
  • Siapkan loyang yang sudah diberi alumunium foil. Tuangkan adonan ke loyang lalu taburi dengan kismis, kayu manis, dan kenari sampai merata. Kemudian kukus selama setengah jam atau sampai matang lalu angkat. Klapertart kukus pun siap dihidangkan.
Selamat berkreasi ya Genhype!


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Kemas Tesisnya Jadi Buku, Brigita Manohara Ingin Beri Manfaat untuk Orang Banyak

BERIKUTNYA

Comeback dengan Album STICKER, NCT 127 Ceritakan Persiapannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: