Berat badan yang ideal bermanfaat bagi kesehatan . (dok. Freepik)

Makanan Penurun Berat Badan Sekaligus Peningkat Imunitas

17 May 2021   |   12:03 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bagaimana kondisi berat badanmu pascalebaran? Apakah berat badanmu naik?

Jika iya, yuk turunkan kembali berat badanmu. Menjaga berat badan ideal penting bukan hanya untuk penampilan tetapi juga kesehatan. Pasalnya berat badan berlebih bisa menimbulkan beragam penyakit seperti hipertensi.

Namun, dalam upaya menurunkan berat badan, jangan sampai imunitas atau daya tahan tubuhmu menurun ya. Melansir Times of India, berikut ini adalah daftar makanan yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan imunitas tubuh :

1. Minyak kelapa murni  (VCO)
Minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk dalam menjaga berat badan ideal dan penguat imunitas. Coba tambahkan dua sendok teh VCO ke smoothie dan mangkuk salad sebagai taburan. Minyak kelapa murni ini juga bisa dipakai untuk memasak, menumis, dan bisa diminum langsung dua sendok teh setiap pagi.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki efek meningkatkan kekebalan dan merupakan agen antimikroba. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan memasukkannya ke dalam chutney, saus celup, dan kari. Bawang putih selama ini juga diketahui memiliki sifat antivirus dan antioksidan.

3. Cuka sari apel
Cuka sari apel bisa bikin kamu kenyang lebih lama dan mencegah tubuh dari kepanasan lho. Cuka ini mengandung asam klorogenat, antioksidan yang dapat membantu menurunkan lemak visceral. Banyak orang mengatakan 1-2 sendok makan cuka sari apel yang diencerkan dengan air saat diminum sebelum makan membantu mencegah sindrom metabolik, sehingga mengurangi obesitas dan mengatur berat badan.

3. Bubuk kayu manis
Bubuk kayu manis bukan hanya harum namun juga makanan super yang mudah ditemukan. Kamu bisa pakai bubuk kayu manis sebagai taburan di atas smoothie, buah-buahan, milkshake, dan bahkan teh hijau. Setengah sendok teh kayu manis yang baru ditumbuk efektif dalam mengelola penurunan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Kunyit
Kunyit adalah antioksidan kuat yang biasa digunakan dalam olahan masakan. Bisa kamu campurkan nih di dalam dalam kari, smoothie, bahkan susu.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

6 Desain Interior Ini Perlu Kamu Pikir Dua Kali Sebelum Digunakan

BERIKUTNYA

Clubhouse Akhirnya Luncurkan Aplikasi Versi Android Pekan Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: