Ilustrasi lidah sehat (Sumber gambar: Pexel)

Cek 7 Penyebab Lidah Kuning & Lidah Hitam

06 September 2021   |   15:03 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lidah merupakan indera pengecap yang juga berfungsi sebagai alat bantu kita berkomunikasi, mengunyah, dan menelan makanan. Umumnya lidah berwarna merah mudah dengan sedikit lapisan putih di atasnya. Namun ternyata lapisan putih di atas lidah sewaktu-waktu bisa menguning loh.

Hal itu bisa disebabkan oleh sejumlah faktor mulai dari kebiasaan tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut, hingga menjadi penanda sebuah penyakit. Untuk tahu lebih jelas, berikut tujuh penyebab lidah kuning seperti dilansir dari Healthline.


1. Kebersihan gigi dan mulut yang buruk

Penyebab umum lidah kuning adalah penumpukan sel-sel kulit dan bakteri di lidah. Penumpukan ini sering disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang buruk.

Buat kamu yang jarang menyikat gigi, sel-sel kulit dan bakteri akan menumpuk di papila lidah. Kemudian bakteri melepaskan pigmen yang dapat mengubah lidah menjadi kuning. Makanan, tembakau, dan zat lain juga bisa terperangkap di lidah dan mengubahnya menjadi kuning.

Oleh karena itu, sikat gigi kamu setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi ber-fluoride dan sikat berbulu lembut ya. Pertimbangkan juga untuk menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride setiap hari.

Berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan juga dianjurkan agar lidah dan kondisi mulut kita sehat. Batasi juga makanan manis, terutama makanan lengket seperti toffee dan permen karet ya. 


2. Mulut kering

Mulut kering terjadi ketika mulut kekurangan air liur yang berfungsi membersihkan bakteri dari mulut dan membantu mencegah kerusakan gigi. 

Efek samping obat, penyakit seperti sindrom Sjogren dan diabetes, serta radiasi dan kemoterapi dapat menyebabkan mulut kering. Bernapas masuk dan keluar melalui mulut saat tidur juga bisa menjadi penyebabnya. 

Untuk mengobati mulut kering biasanya dokter akan meresepkan obat atau menyarankan kamu menggunakan obat kumur khusus untuk meningkatkan jumlah air liur di mulut. Jika obat yang justru menyebabkan mulut kering, tanyakan kepada dokter apakah kamu dapat mengubah dosis atau beralih ke obat lain.

Paling penting, minum air putih atau minuman bebas gula lainnya sepanjang hari.Hindari kafein, tembakau, dan alkohol, yang dapat membuat mulut kamu semakin kering.

Kamu juga bisa menunyah permen karet tanpa gula untuk merangsang produksi air liur. Jika bernapas melalui mulut di malam hari, nyalakan pelembab udara untuk menambah kelembapan udara di kamar tidur kamu ya.


3. Lidah geografis

Kondisi ini terjadi ketika kamu kehilangan papila di lidah. Dokter tidak tahu mengapa ini terjadi, tetapi kadang-kadang ini karena faktor genetik. Kondisi ini menyebabkan permukaan lidah kamu seperti peta dengan bercak sering berwarna merah, tetapi bisa juga menjadi kuning. Terkadang kondisi ini membuat lidah kita sakit.

Untuk mengatasinya, minum obat pereda nyeri yang dijual bebas atau gunakan obat kumur dengan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit. Dokter mungkin juga meresepkan salep atau obat kumur kortikosteroid untuk mengobati ketidaknyamanan akibat kondisi tersebut.


4. Sindrom lidah hitam berbulu

Kondisi tidak berbahaya ini terjadi ketika benjolan kecil yang disebut papila yang melapisi ujung dan sisi lidah tumbuh lebih besar. Bakteri, kotoran, makanan, dan zat lain dapat terkumpul di benjolan ini dan mengubahnya menjadi warna yang berbeda. Lidah kamu bisa menguning atau timbul warna lain sebelum berubah menjadi hitam.

Untuk mengobati lidah hitam ini, sikat gigi kamu setidaknya dua kali sehari, termasuk setelah makan. Bilas mulut dengan air beberapa kali sehari dan jangan merokok.


5. Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah suatu kondisi di mana kulit dan bagian putih mata menjadi kuning. Itu terjadi ketika hati kamu rusak dan tidak dapat memproses bilirubin. Bilirubin adalah pigmen kuning yang dihasilkan ketika sel darah merah rusak. Ketika bilirubin menumpuk di dalam darah, kulit, bagian putih mata, dan lidah kamu bisa menguning.

Jika infeksi seperti hepatitis menyebabkan penyakit kuning, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengobatinya.

Penting untuk menghindari atau mengurangi jumlah alkohol yang kamu minum untuk melindungi kerusakan hati lebih parah. Untuk penyakit hati yang parah, transplantasi hati dapat menjadi pilihan.


6. Merokok

Bahan kimia dalam asap tembakau dari pembakaran rokok bisa membuat lidah berubah warna menjadi kuning. Untuk itu, sangat disarankan untuk berhenti merokok.

Kamu bisa mencoba produk pengganti nikotin, seperti permen, permen karet, atau semprotan hidung. Produk-produk ini membantu mengurangi keinginan kamu untuk merokok. Dokter bisa juga meresepkan obat-obatan seperti varenicline (Chantix) atau bupropion (Zyban) untuk meredakan gejala putus nikotin.


7. Obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Menggunakan obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel, atau mentol dapat mengubah warna lidah kamu. Solusinya ya cari obat kumur yang tidak memakai bahan-bahan tersebut ya. 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Membanggakan, Indonesia Finis Peringkat 43 di Paralimpiade Tokyo

BERIKUTNYA

ITZY Tampil Eksentrik dalam Trailer Pembuka Album CRAZY IN LOVE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: