Daun Miana (Sumber gambar: Wikimedia Commons/Saripah NuRA17)

Tak Hanya Indah, Daun Miana Punya 7 Manfaat Kesehatan Ini

03 September 2021   |   15:52 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu pernah dengar miana? Tumbuhan yang daunnya bergerigi dan didominasi warna merah keunguan dengan hijau di pinggirannya ini biasanya dijadikan tanaman hias. Namun, tak hanya indah dilihat, daun tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Mengutip Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian, daun miana mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Daun miana juga mengandung senyawa flavonoid, senyawa fenolik alam yang potensial sebagai antioksidan dan mempuyai bioaktifitas sebagai obat. Senyawa-senyawa ini merupakan zat warna merah, ungu, dan biru, dan sebagian zat warna kuning yang ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan dan terdapat pada batang, daun, bunga, serta buah. 

Baca juga: 3 Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, meningkatkan efektifitas vitamin. 

Berikut ini manfaat daun miana:


1. Bantu atasi tifus

Tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. 

Selain menular melalui makanan, penularan tifus juga bisa terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri. Penyakit ini dapat membahayakan jika tidak segera diatasi dengan baik. 

Nah, salah satu cara mengatasi tifus secara alami yaitu dengan mengonsumsi ekstrak daun miana. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal Nutrition and Food Science mengungkapkan, senyawa antibakteri pada daun miana dapat membunuh bakteri penyebab penyakit tifus. 


2. Mengatasi wasir 

Susah buang air besar atau konstipasi menjadi salah satu kondisi yang biasa dialami setiap orang. Kondisi ini biasanya terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran sehingga membuat feses menjadi kering dan susah dikeluarkan dari tubuh. 

Nah, daun miana memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengatasi beberapa gangguan pencernaan, seperti susah buang air besar. Senyawa yang bersifat antibakteri dari daun miana berperan penting untuk mengatasi masalah pencernaan.


3. Mengatasi bisul

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun miana berfungsi efektif untuk melawan bakteri penyebab bisul. Cara mendapatkan manfaat daun miana ini cukup mudah, kamu hanya perlu memanggang daun miana, lalu tempelkan pada area bisul.


4. Meredakan nyeri haid

Mengutip portal Dosen Pertanian, daun miana dapat dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri ketika haid. Nyeri yang dirasakan ketika wanita haid adalah hasil dari tubuh yang mengeluarkan senyawa histamin dan prodtagladin, serta bisa disebabkan karena kontraksi otot rahim.

Hal tersebut merupakan mekanisme tubuh untuk meluruhkan dinding rahim. Rasa nyeri bisa mereda dengan mengonsumsi daun miana karena terdapat kandungan quersetin yang berefek farmakologis sebagai antihistamin.


5. Menyembuhkan batuk

Bagian daun pada tanaman miana juga mampu menyembuhkan batuk. Batuk adalah mekanisme dari tubuh untuk merespons virus dan bakteri yang ada pada saluran pernapasan.

Tanaman miana dapat berguna sebagai antimikroba serat antibakterial pada tubuh sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan juga virus.


6. Mengobati diabetes

Daun miana juga mengandung zat fitokimia yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah diabetes. Berbagai aktivitas farmakologisnya mengandung zat antidiabetes, sehingga konsumsi daun miana oleh penderita diabetes sangat dianjurkan.


7. Meningkatkan kesuburan

Menurut penelitian daun miana dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Hal ini disebabkan adanya kandungan fitosterol yang berperan dalam meningkatkan hormon seks, sehingga fungsi dari sistem reproduksi pada wanita dapat diperbaiki oleh senyawa ini.

Gimana Genhype, tertarik mencoba khasiat daun yang banyak ditanam di pekarangan rumah ini?


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Tegas, Otoritas Medis Amerika Serikat Larang Penggunaan Ivermectin untuk Obat Covid-19

BERIKUTNYA

Sah, Cristiano Ronaldo Kembali sebagai CR7

Komentar

AL Maun

AL Maun

27 Dec 2023 - 20:44

Gimana cara penggunaan daun maiana untuk kesuburan wanita


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: