Ilustrasi mendongeng (sumber gambar: nappy dari Pexels)

Yuk Bacakan Dongeng Pada Anak

02 September 2021   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kegiatan mendongeng merupakan salah satu cara yang efektif yang bisa digunakan untuk menstimulasi perkembangan stimulasi anak lho Genhype. Tidak hanya itu, kegiatan mendongeng juga bisa membuat anak merasakan rasa cinta dan kasih sayang dari orang tua.

Dalam acara daring Dongeng Aku dan Kau: Indonesia Mendongeng 2021, Psikolog Klinis Ratih Ibrahim mengungkapkan semua indra anak akan terstimulasi dengan baik saat cerita atau dongeng dibacakan oleh orang tua.

Saat mendongeng, terdapat manfaat yang diraih oleh sang buah hati seperti mengembangkan seluruh indra sensorik. Orang tua dapat mengajak anak untuk melompat, menari, atau aktivitas lain yang terdapat dalam dongeng yang membuat anak terstimulasi dengan baik.

Tidak hanya itu, begerak secara teratur juga menjaga kesehatan fisik dan mental anak karena dengan bergerak tingkat stres bisa turun, terlebih di era pandemi Covid-19 seperti saat ini. Gerak yang dilakukan bukan asal bergerak, tapi memiliki tujuan yang juga disesuaikan dengan dongeng.

Dengan mendongeng, anak juga akan merasa dicintai oleh orang tua. Anak-anak menjadi anak yang sehat secara fisik dan jiwa.

Menurut Ratih, mendongeng juga membuat pondasi perkembangan kognitif buah hati menjadi optimal. Saat mendongeng, anak mendengar kata-kata dan bahasa. Kemudian, daya imajinasi berkembang baik yang dapat membuat merangsang kreativitas anak.

Daya problem solving pada anak juga dapat terlatih saat orang tua membacakan dongeng. Selain itu, mendongeng juga bisa merangsang minat baca pada anak.

Dia menuturkan orang tua perlu menginvestasikan waktu yang dimiliki untuk mendongengkan atau membacakan cerita kepada anak-anak. Kedekatan yang terjalin saat orang tua membacakan dongeng akan menjadi kenangan indah dan terus dibawa sepanjang usia.


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Ingin Tampil Glowing Ala Korea? Ini Pilihan Makeup yang Bisa Digunakan

BERIKUTNYA

Perusahaan Indonesia Hadapi Peningkatan Ancaman Keamanan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: