sumber gambar : Dancow

Punya Buah Hati Usia Toddler & Prasekolah, Jangan Lupa Lakukan Ini

02 September 2021   |   17:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahukah Genhype bahwa usia toddler dan pra sekolah adalah usia yang sangat penting bagi individu lho. Usia ini adalah periode sensitif dan kritis bagi perkembangan anak karena pada usia ini perkembangan anak terjadi dengan sangat cepat.

Dalam acara daring Dongeng Aku dan Kau: Indonesia Mendongeng, Psikolog Klinis Ratih Ibrahim mengungkapkan perkembangan otak anak pada usia ini bisa mencapai 80 persen dari ukuran orang dewasa, dan terjadi dalam waktu terbatas. Kondisi ini yang membuat usia toddler dan pra sekolah juga disebut periode kritis.

Disebut sebagai periode sensitif karena periode ini kapasitas buah hati sangat kuat dan luas untuk belajar hal-hal baru. Ketika usia makin bertambah, maka sensitifitas individu makin berkurang.

Jadi, penting bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan dasar buah hati pada periode toddler dan pra sekolah. Kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh orang tua terhadap buah hati pada periode ini adalah kebutuhan nutrisi.

Jika kebutuhan nutrisi pada anak dapat tercukupi, maka perkembangan fisik anak dapat optimal dan berpengaruh terhadap perkembangan lainnya.

Kemudian, anak juga membutuhkan stimulasi selain kebutuhan nutrisi. Stimulasi yang dapat orang tua berikan adalah stimulasi yang sesuai dengan tahapan usia sang buah hati.

Mendongeng atau membacakan cerita kepada anak adalah salah satu cara yang efektif yang dapat orang tua lakukan untuk perkembangan stimulasi anak. Tidak hanya itu, anak juga akan mendapatkan ekspresi rasa cinta dan kasih sayang dari orang tua saat dibacakan dongeng atau cerita.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Squid Game Ungkap Undangan Peserta & Detail Permainan Anak yang Sadis di Trailer Terbaru

BERIKUTNYA

Ingin Tampil Glowing Ala Korea? Ini Pilihan Makeup yang Bisa Digunakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: