Ilustrasi Pao de Queijo. (Dok. Apartment Theraphy)

Yuk Coba Buat Pao de Queijo, Olahan Singkong Khas Brasil

28 August 2021   |   16:22 WIB

Salah satu olahan singkong yang mudah dibuat sebagai camilan adalah Pao de Queijo. Menu ini merupakan roti dari tepung tapioka atau tepung yang terbuat dari singkong. Rasanya yang gurih dan renyah di luar dan kenyal di dalam membuatnya menjadi salah satu camilan yang cukup membuat lapar.

Dengan bahan-bahan yang mudah dicari, yuk coba buat makanan khas Brasil ini dari Kitchn!

Bahan-bahan (untuk 24-48 buah)
  • 237 ml susu full cream
  • 118 ml minyak sayur
  • 1 sdt garam
  • 280 gram tepung tapioka (bisa siapkan tambahan jika diperlukan)
  • 2 buah telur berukuran besar
  • 89-135 gram keju Parmesan parut (bisa digantikan keju biasa)

Cara membuat
  1. Panaskan oven dengan suhu 232 derajat Celsius atau 450 derajat Fahrenheit. Sambil menunggu, siapkan loyang dan letakkan kertas panggangan (baking sheets) atau alas khusus panggangan dari silikon.
  2. Dalam panci, panaskan susu, minyak, dan garam di atas api sedang. Tunggu sampai sedikit mendidih dan aduk perlahan hingga muncul gelembung dari susu.
  3. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai tidak ada gumpalan tepung. Ketika semuanya sudah tercampur, adonan akan lebih kenyal dan biarkan sampai dingin. Masukkan adonan ke dalam mixer selama beberapa menit dengan kecepatan sedang sampai adonan menjadi halus.
  4.  Kocok telur di dalam adonan satu per satu. Pastikan telur yang sudah masuk tercampur di dalam adonan sebelum memasukkan telur berikutnya. Jika perlu, campurkan adonan di bagian dalam mangkuk mixer dengan spatula.
  5. Campurkan keju ke dalam adonan hingga merata. Hasilnya tercipta adonan yang lengket, mudah ditarik, dan lembut dengan konsistensi seperti antara adonan kue dan adonan biskuit serta adonannya tidak mulus karena tekstur keju.
  6. Ketika mencetak adonan, gunakan sendok makan untuk adonan kecil atau sendokan es krim (ice cream scoop) untuk bentuk yang besar. Sesuaikan dengan preferensi dan beri jarak yang cukup jauh sehingga dalam satu loyang terdapat 12 adonan.
  7. Panggang adonan di suhu 176 derajat Celsius atau 350 derajat Fahrenheit selama 15 menit. Jangan lupa untuk cek adonan ketika akan mengembang dan kering sehingga bisa diangkat jika warnanya sudah kuning keemasan di bagian bawahnya. Jika belum, panggang selama 10-15 menit lebih lama.
  8. Sajikan dalam keadaan hangat.
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perhatikan, Cara Aman Pengisian Baterai Smartphone Supaya Awet

BERIKUTNYA

Asal Usul Kombinasi Cokelat Keju pada Makanan Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: