Selain pada roti, garlic butter juga cocok digunakan pada berbagai jenis masakan lainnya. (Photo by Waldemar Brandt on Unsplash)

Resep Garlic Butter Ini Bikin Cita Rasa Hidanganmu Naik Level

24 August 2021   |   18:57 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Menambahkan mentega bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat, apalagi kalau kita tambahkan rempah seperti thyme yang akan membuat makanan punya aroma khas. Bagaimana kalau kita tambahkan bawang putih ke dalamnya?

Sensasi garlic butter belakangan ini makin menjadi-jadi setidaknya setelah Korean Garlic Bread, perpaduan butter, bawang putih dan cream cheese jadi tren di kalangan pecinta kuliner.

Sekarang, banyak restoran mulai memasukkan kondimen garlic butter dalam makanan mereka. Selain roti, garlic butter banyak digunakan pada steak, jagung bakar, butter rice, pasta, tumis sayur, dan lain lain.

Ternyata untuk membuat garlic butter itu enggak sulit loh, Genhype. Yang kalian butuhkan hanya satu blok butter dengan bawang putih.
 

2 siung bawang putih cukup untuk 1 blok butter (Photo by Sanjay Dosajh on Unsplash)

2 siung bawang putih cukup untuk 1 blok butter (Photo by Sanjay Dosajh on Unsplash)
 

Berapa banyak bawang putih yang dibutuhkan? Mungkin berbeda sesuai selera tiap orang. 

Tapi untuk permulaan, kalian bisa coba menghancurkan dua siung bawang putih untuk satu blok butter. Banyaknya bawang putih bisa disesuaikan kemudian.

Beberapa resep menyarankan agar tidak mencincang bawang putih dengan pisau agar sari dalam bawang putih bisa keluar dan tidak terbuang.

Kalian bisa menggunakan garlic press atau memarut bawang putih dengan parutan keju.
 

Pilih unsalted butter agar rasa asin tidak mengalahkan aroma bawang putih. (Photo by Sorin Gheorghita on Unsplash)

Pilih unsalted butter agar rasa asin tidak mengalahkan aroma bawang putih. (Photo by Sorin Gheorghita on Unsplash)


Untuk butter, sebaiknya gunakan unsalted butter dan kalian bisa menambahkan sendiri garam dengan tingkat keasinan sesuai selera.

Ketika membuat garlic butter, bintang utamanya adalah bawang putih. Jadi akan lebih baik untuk menggunakan unsalted butter agar rasa asin nantinya tidak mengalahkan aroma bawang putih.

Genhype bisa mulai mencampur bahan-bahan di atas ketika tekstur butter tidak begitu keras (soft butter). Kalian tidak perlu melelehkan butter untuk membuat garlic butter.

Cukup aduk rata dengan garpu, jika kalian suka butter sedikit bertekstur, atau gunakan hand mixer agar lebih halus.

Garlic butter bisa kalian simpan di lemari pendingin di dalam kotak khusus. 

Proses ini memungkinkan semua aspek rasa tercampur dengan efektik dan supaya butter lebih awet jika ingin digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Untuk cita rasa yang lebih kaya, Genhype juga bisa menambahkan rempah lain pada campuran garlic butter kalian seperti air perasan lemon, parsley, rosemary, dan thyme sesuai selera.

Selamat mencoba!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Alasan Kenapa Wajib Tonton Serial The Ferryman: Legends of Nanyang

BERIKUTNYA

CL Sukses Hadirkan Kesan 'Pedas' dalam Video Klip SPICY

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: