LNG Carrier Ekaputra I yang dimiliki GTSI (Dok. GTSI)

Begini Cara GTS Internasional Gali Cuan dari Bisnis LNG

25 August 2021   |   15:29 WIB

Genhype pasti sudah familiar dengan bahan bakar gas atau LNG. Sebagai energi ramah lingkungan, LNG atau liquefied natural gas ini kian diminati sehingga permintaannya kian besar. Untuk itu, salah satu operator transportasi LNG, PT GTS Internasional, bermaksud menyediakan layanan transportasi di beberapa titik proyek pemerintah.

Perlu Genhype ketahui, belakangan ini berbagai upaya dilakukan guna mengurangi dominasi sumber energi berbasis minyak mentah. Mengapa? karena energi fosil jenis ini dinilai telah memperparah polusi udara, lantaran melepaskan emisi karbon yang sangat besar.

Berbeda dengan minyak, gas justru menjadikan langit lebih biru. Inilah mengapa pemerintah berbagai negara kini menaruh hati terhadap penggunaan gas secara luas, tak terkecuali Indonesia. Secara perlahan, kebijakan pemerintah mengalihkan sumber energi pembangkit listrik dari bahan bakar minyak ke gas, khususnya LNG. 

Tahun lalu, lahir Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 13 K/13/MEM/2020 tentang Penugasan Pelaksanaan Penyediaan Pasokan dan Pembangunan Infrastruktur Liquified Natural Gas (LNG), Serta Konversi Penggunaan Bahan Bakar Minyak dengan Liquefied Natural Gas (LNG) Dalam Penyediaan Tenaga Listrik. Dalam regulasi itu, dipetakan 30 titik dari total 52 titik pembangkit listrik yang akan menggunakan tenaga gas.

Sebagai salah satu pemain utama transportasi gas, GTSI, membidik perluasan layanan. GTSI pun telah mengikuti proses tender.

Diungkapkan oleh Direktur GTSI Dandun Widodo, perusahaannya sudah mengikuti proses pengadaan transportasi LNG beserta infrastruktur pendukungnya untuk beberapa titik.

“Kini tengah menanti tanggapan selanjutnya dari pihak pemilik proyek,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kemal  Imam Santoso, Direktur Utama GTSI juga telah memberikan sinyal bahwa perusahaan bakal melantai di bursa. GTSI akan memanfaatkan pendanaan publik untuk menunjang ekspansi perusahaan dalam bisnis LNG.

Menurutnya, prospek bisnis ini sangat menjanjikan lantaran gas merupakan energi masa depan yang ramah lingkungan dan pemerintah juga sudah berkomitmen untuk menggunakan sumber-sumber energi yang berkelanjutan.

GTSI, jelas Kemal, sangat siap karena kualifikasi sumber daya manusia yang berpengalaman dan terbukti mencapai zero accident sepanjang tiga dasawarsa beroperasi.

Selama tiga tahun terakhir, perusahaan senantiasa memetik pertumbuhan pendapatan, mulai dari US$27 juta, kemudian meningkat menjadi US$30 juta pada 2019, hingga mencapai US$31 juta pada tahun lalu. 

Sementara net profit dalam kurun waktu yang sama masing-masing US$7 juta pada 2018, lalu US$10 juta pada 2019, dan US$16 juta pada 2020.

“Kalau dibandingkan, US$16 juta [net profit] dengan US$31 juta [revenue] pada 2020, berarti persentasenya lebih dari 50%. Artinya, bisnis ini sangat menguntungkan. Common practice di bisnis LNG melalui skema time charter, di mana seluruh biaya operasional menjadi beban penyewa. Bisnis transportasi LNG tidak berpengaruh pada seberapa banyak kargo yang ditransportasikan lantaran mereka menggunakan waktu sewa. Mau nongkrong, jalan, tetap  dibayar,” pungkasnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Susul Lee Byung-hun & Ha Ji-won, Jo Jung-suk jadi Tamu di SNL Korea

BERIKUTNYA

Simak Kisah Sukses GTS Internasional di Bisnis LNG

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: