Ilustrasi sayuran. (Dok. Nathan Dumlao dari Unsplash)

5 Sayuran Kaya Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi secara Rutin

23 August 2021   |   09:22 WIB

Salah satu jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan adalah sayuran. Sayuran memiliki berbagai macam variasi, warna, kandungan nutrisi, serta manfaat. Mengandung serat tinggi dan kalori rendah, sayuran perlu menjadi bagian dari menu makan sehari-hari.

Secara umum semua sayuran memilki kandungan nutrisi baik. Namun, lima sayuran ini merupakan yang perlu rutin masuk dalam hidangan makan harian Genhype. Yuk cek daftarnya!

1. Bayam

Ilustrasi bayam. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Ilustrasi bayam. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Mengandung sejumlah zat baik seperti zat besi, potasium, magnesium, hingga kalsium, bayam bisa menjadi sumber serat bagi pencernaan sekaligus vitamin A untuk mengurangi risiko kesehatan pada mata. Ada pun manfaat lainnya dari bayam adalah mengurangi risiko sejumlah penyakit kronis seperti kanker, diabetes tipe dua, asma, dan tekanan darah rendah.

2. Brokoli

Ilustrasi brokoli. (Dok. Hans Ripa dari Unsplash)

Ilustrasi brokoli. (Dok. Hans Ripa dari Unsplash)

Sayuran hijau ini juga menyimpan manfaat baik dengan kandungan glukosinolat yang bisa mencegah berbagai macam kanker, tumor, serta penyakit kronis lainnya. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung vitamin K dan vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mengonsumsinya, Genhype bisa memakannya secara mentah dan dimasak, tapi disarankan untuk tetap mencuci dan memasaknya sebentar selama 2-3 menit.

3. Bawang putih

Ilustrasi bawang putih. (Dok. Bryam Blanco dari Unsplash)

Ilustrasi bawang putih. (Dok. Bryam Blanco dari Unsplash)

Kandungan alicin dalam bawang putih bermanfaat unutk menjaga kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, bawang putih kaya akan manganese, vitamin B6, vitamin C, selenium, kalsium, fosfor, potasium, zat besi, dan vitamin B1.

Akan tetapi, konsumsi bawang putih perlu diperhatikan mengingat efek sampingnya yang menyebabkan masalah pencernaan hingga napas yang tidak sedap.

4. Wortel
 

Ilustrasi wortel. (Dok. David Holifield dari Unsplash)

Ilustrasi wortel. (Dok. David Holifield dari Unsplash)

Dikenal akan kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, wortel memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengurangi risiko kanker, tekanan darah, membantu menurunkan berat badan melalui beberapa kandungannya seperti betakaroten, vitamin C, vitamin K, dan potasium.

Pengolahan wortel bisa bermacam-macam, baik dalam bentuk jus, dibuat sebagai sup, maupun sebagai sayur tambahan dalam berbagai masakan.

5. Ubi manis
 

Ilustrasi ubi manis. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Ilustrasi ubi manis. (Dok. Louis Hansel dari Unsplash)

Sebagai alternatif dari kentang, ubi manis bermanfaat bagi kesehatan dengan mengurangi risiko kanker serta meregulasi gula darah dan kolesterol jahat. Kandungan dalam sayuran ini di antaranya adalah protein, vitamin C, vitamin B6, potasium, vitamin A, dan manganese.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Insomnia? Coba Akupunktur Medis Yuk

BERIKUTNYA

Mengatur soal Data Pribadi, Ini Perbedaan RUU PDP & GDPR

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: