Pokemon. (Sumber gambar: Pokemon)

Game Freak Diretas, Kode Gim Pokémon 10 Sampai Data Nintendo Switch 2 Bocor

14 October 2024   |   14:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kebocoran data tidak hanya menyasar sektor perbankan maupun pemerintahan, namun juga industri gim. Kabar terbaru datang dari Game Freak yang mengalami peretasan dan diklaim menimbulkan kerugian cukup signifikan, termasuk data tentang gim Pokémon.

Dari pernyataan pengembang gim Pokémon itu, disebutkan bahwa para penjahat siber berhasil meretas informasi pribadi seperti nama dan alamat email karyawan, bahkan yang sudah keluar dari perusahaan.

“Jumlah item: 2.606. Karyawan dan pekerja kontrak kami [termasuk mantan karyawan dan mantan karyawan],” bunyi pernyataan Game Freak seperti dikutip dari Nintendo Life, Senin (14/10/2024). 

Baca juga: Game Dragon Ball: Sparking! Zero Resmi Meluncur, Cek Harga dan Spesifikasinya

Kebocoran data diduga juga mencakup nama kode konsol Nintendo Switch 2, nama kode gim Pokémon generasi ke-10 yang belum diumumkan, dan nama kode Pokemon Legends: ZA.

Nama kode untuk dua versi gim Pokémon generasi ke-10 yang bocor yakni “K” dan “N”, yang mungkin terkait dengan niat Nintendo untuk merilisnya di Switch. Adapun kode "Ounce" disebutkan sebagai platform yang dituju.

Sebuah gim Pokémon dengan nama sandi “Synapse” juga disebutkan dalam kebocoran data ini. Gim yang belum diumumkan tersebut katanya dikembangkan bersama dengan studio lain, dengan beberapa laporan mengindikasikan bahwa gim ini merupakan semacam MMO Pokémon.

Di tempat lain, kode sumber untuk judul DS Pokémon HeartGold, SoulSilver, Black 2, dan White 2 dilaporkan telah bocor. Hal ini mengakibatkan aset Pokémon yang tidak terpakai dicuri dan bahkan musik gim muncul secara daring.

Di luar gim itu sendiri, ada informasi plot yang berkaitan dengan sekuel  dari film Detective Pikachu pada 2019, konon disebut The Great Detective Pikachu. Film ini kabarnya disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts (The Kings of Summer, Kong: Skull Island) dan direncanakan akan dirilis pada  2024. Ada bukti yang menunjukkan bahwa trilogi film Pokémon live-action pernah dipertimbangkan. 

Data yang diretas juga mencakup  ringkasan rapat yang dikirim melalui email hingga informasi pengetahuan Pokémon, dengan penyebutan live action Pokémon dari Netflix yang sejauh ini belum diumumkan. Atas kejadian ini, baik Nintendo maupun The Pokémon Company belum mengeluarkan pernyataan tentang kebocoran data tersebut. 

Pada 2020, Nintendo juga pernah mengalami kebocoran data yang mengungkap gim yang dibatalkan, prototipe, kode sumber, alat pengembangan, hingga komunikasi internal. Sementara itu, Nintendo belum mengungkap konsol generasi berikutnya, Switch 2. 

Bulan lalu, gambar prototipe penerus Switch muncul secara daring. Nintendo belum mengomentari gambar tersebut.

Sejauh ini, para pengembang mengatakan bahwa mereka berencana untuk merilis gim mendatang mereka di Switch 2. Ketika Switch 2 akhirnya dirilis, Nintendo berharap akan memiliki banyak stok yang tersedia, dan diharapkan mendongkrak penjualan yang seret dalam beberapa waktu terakhir. 

Adapun Pokemon Legends: ZA adalah proyek berikutnya dari Game Freak dan secara resmi diumumkan pada Februari 2024. Trailer awalnya mengonfirmasi bahwa gim tersebut akan berlatar di Lumiose City dan akan hadir di Nintendo Switch pada 2025.

Para penggemar akan mengalami salah satu jeda terpanjang antara perilisan Pokémon utama dalam sejarah waralaba ini. Tanpa ada entri utama yang dirilis tahun ini, atau berita tentang pembuatan ulang, Pokémon Trading Card Game di ponsel akan menjadi perilisan seri terbesar pada 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sydney Sweeney dan Amanda Seyfried akan Bintangi film The Housemaid

BERIKUTNYA

Drama Korea The Fiery Priest Musim Kedua Tayang ke Layar Kaca Mulai 8 November 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: