(Unsplash/Hush Naidoo)

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi

14 May 2021   |   16:03 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

GenHype gimana lebarannya? Sudah banyak makan sajian khas hari raya seperti ketupat, opor ayam, atau semur daging? Makanan-makanan itu tentu terlihat sangat menggiurkan. Akan tetapi, itu juga bisa menimbulkan risiko penyakit kalau kalian terlalu berlebihan. Salah satunya adalah kolesterol.

Kalian tau ngga sih, bagian paling nyeremin dari kolesterol adalah tidak menunjukkan gejala. Jadi sulit untuk menentukan tindakan yang tepat. 

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka telah mengidap kolesterol tinggi, tanpa melalui tes darah. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan tindak pencegahan.

Dikutip dari Eat This, Jumat (14/5) berikut ini adalah beberapa faktor pemicu naiknya kolesterol yang harus kalian perhatikan :
 

Makanan berserat/boldsky.com

Makanan berserat/boldsky.com

1. Tidak cukup serat

Konsumsi serat yang tidak memadai bisa menjadi pemicu kolesterol tinggi. Pasalnya, serat yang ditemukan dalam makanan seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

2. Konsumsi karbo olahan dalam jumlah tinggi

Makanan karbohidrat olahan memainkan peranan besar dalam kadar kolesterol ke wilayah berbahaya. Studi menemukan bahwa konsumsi karbohidrat olaharan berlebih dapat meningkatkan kolesterol jahat. Ini termasuk aneka kue manis, jadi konsumsi secukupnya ya!

3. Konsumsi produk hewani berlebih

Periode lebaran bisa menjadi ladang bagi kita untuk mengonsumsi berbagai makanan hewani seperti ayam dan daging. Nah, kalian perlu waspada nih dengan risiko konsumsi lemak tinggi dari produk hewani berlebihan ya.

4. Makanan tinggi lemak trans

Lemak sintetik masih banyak ditemukan di berbagai makananloh, meskipun produsen makanan diharuskan menghilangkan lemak trans dari resepnya. Konsumsi lemak trans yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol jahat.

5. Mentega

Ada banyak makanan yang menggunakan mentega sebagai salah satu bahannya, seperti berbagai kue. Akan tetapi nih, kalian harus hati-hati karena konsumsi mentega bisa menimbulkan lemak jenuh yang memicu kolesterol.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

RM BTS Ternyata Penggemar Sitkom Legendaris Friends

BERIKUTNYA

ITZY Luncurkan Lagu Versi Bahasa Inggris dari Mafia In The Morning

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: