Reza Rahadian (Sumber Foto: Hypeabis.id/Abdurachman)

Reza Rahadian Ikut Demo Tolak RUU Pilkada di Gedung DPR, Begini Isi Orasinya

22 August 2024   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Reza Rahadian menjadi salah satu publik figur yang turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi di depan gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2024). Di antara kerumunan para pendemo, aktor pemeran Habibie & Ainun tersebut bersuara dengan lantang dalam orasinya yang dilakukan di atas mobil.

Seperti yang diketahui sejak kemarin, jagat media sosial diramaikan dengan unggahan 'Peringatan Darurat' bergambar Garuda biru. Masyrakat menyuarakan kritik keras terhadap DPR RI yang menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal syarat usia calon kepala daerah dalam Pilkada 2024.

Hari ini bersama seluruh lapisan masyarakat, Reza Rahadian mengungkapkan kekecewaannya setelah melihat situasi politik dan pemerintahan yang kini tengah dihadapi Indonesia. Aksinya tersebut membuat banyak orang terkejut, lantaran tak pernah sekalipun Reza Rahadian berkomentar soal urusan politik atau berpihak pada kubu tertentu.

Baca Juga: Ada Demonstrasi Terkait UU Pilkada, Cek Jalan yang Harus Dihindari di Jakarta

"Saya cenderung berhati-hati dalam mengambil sikap, saya tidak pernah mau ikut dalam kontestasi politik dan tidak ikut campur dalam pemilihan presiden, atau jadi kubunya siapapun itu," kata Reza Rahadian dalam orasinya, dalam video yang beredar di media sosial.

Selama ini, Reza Rahadian selalu menjadikan seni sebagai wilayah untuknya dalam menyampaikan keresahan hati dan kritik sosial. Tapi, hari ini dia sudah tidak bisa diam sehingga akhirnya memutuskan untuk turun ke jalan bersama para pendemo.

"Saya tidak bisa tidur tenang di rumah. Saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk saya keluar bersama kawan-kawan semua. Melihat bagaimana MK sedang berusaha mengembalikan citranya," tambahnya.

Reza Rahadian yang biasanya jauh dari hiruk-pikuk politik, kini mulai menunjukkan sikap ketika melihat ketidakadilan terjadi. Aksi tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak yang juga setuju, bahwa keputusan DPR mengabaikan putusan MK merupakan sebuah kemunduran bagi demokrasi Indonesia.

"Hari ini kita sudah mendapatkan keputusan yang sangat kita hormati dari MK, masih juga berusaha untuk dibegal dan dijegal, dan dianulir oleh lembaga yang katanya adalah wakil-wakil kita semua hari ini, lantas Anda-Anda di dalam ini wakil siapa?," katanya.

Salah satu pernyataan Reza Rahadian dalam orasinya juga menarik perhatian publik. Secara terang-terangan dia melayangkan kritik terhadap pemerintahan yang berkuasa sekarang.

"Ini bukan negara milik keluarga tertentu, saya miris melihat ini semua," paparnya.

Reza Rahadian juga menyampaikan kehadirannya hari ini melakukan aksi demontrasi di depan gedung DPR adalah sebagai rakyat biasa bersama orang-orang di sana, mewakili suara orang-orang yang gelisah melihat situasi demokrasi Indonesia.

Terakhir dia meminta kepada semua orang untuk tertib supaya situasi tetap kondusif. Menurutnya, demo hari ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk menyampaikan aspirasinya dengan cara yang tertib dan terhormat.

Seleian Reza Rahadian, sejumlah publik figur seperti komika Tanah Air yang tergabung dalam komunitas Standup Indonesia juga ikut berdemo. Beberapa komika yang terlihat, mulai dari Bintang Emon, Abdur Arsyad, Mamat Alkatiri, Adjis Doa Ibu, 'Cing' Abdel Achrian, hingga Arie Kriting. Mereka kompak mengenakan baju hitam dan berorasi untuk mengajak rakyat supaya tidak lengah dan bersama-sama mengawasi keputusan MK.

Baca Juga: Deretan Artis & Influencer Tanah Air Yang Ikut Demo Tolak RUU Pilkada di DPR

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Deretan Artis & Influencer Tanah Air Yang Ikut Demo Tolak RUU Pilkada di DPR

BERIKUTNYA

Kanal YouTube Cristiano Ronaldo Tembus 28 Juta Subscriber Hanya dalam Sehari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: