Giwo Wiyogo dan Titiek Soeharto (Sumber Foto: Instagram/@kowani1928)

8 Koleksi Kebaya Tien Soeharto akan Dipamerkan di Puncak Acara Hari Kebaya Nasional 2024

23 July 2024   |   20:08 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Kebaya Nasional diperingati setiap 24 Juli. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, komunitas kebaya, media massa, dan mitra lainnya.

Peringatan Hari Kebaya Nasional dihelat untuk pertama kalinya pada 24 Juli 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Tahun ini tema yang diusung adalah Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya, dengan mengundang 7.000 perempuan dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Didiet Maulana Hadirkan Instalasi Kebaya Kala Kini di Kebaya Fest 2024

Serangkaian acara menyambut Hari Kebaya Nasional telah digelar sejak bulan lalu. Misalnya, Peragaan Busana KOWANI dan Komunitas Kebaya, Flashmob CFD Poco-Poco Berkebaya, Parade Kebaya Nusantara dengan tema Ekspresi Ceria Aku dan Ibu.

Sampai akhirnya di puncak acara Hari Kebaya Nasional pada 23 dan 24 Juli 2024 di Istora Senayan Jakarta. Pada 23 Juli akan digelar pembukaan KOWANI EXPO dan Final Lomba Kebaya, lalu besoknya 24 Juli ada parade kebaya, lomba berkebaya, podcast SAPA & Kementerian PPPA, pameran budaya, webinar & talkshow, Kowani Expo, dan Kowani Awards.

 

 
Nah Genhype, yang tak kalah menarik di acara puncak Hari Kebaya Nasional 2024, yakni akan dipamerkan koleksi kebaya mendiang istri presiden kedua Soeharto, Raden Ayu Siti Hartinah alias Tien Soeharto.

Giwo Rubianto Wiyogo, selaku direktur Eksekutif Kongres Wanita Indonesia (Kowani) memaparkan, Kowani sudah melakukan audiensi dengan anak Ibu Tien, yakni Ibu Titiek Soeharto untuk bisa memamerkan koleksi kebaya ibu Tien Soeharto di acara tersebut. 

"Beliau [Titiek Soeharto] sangat mengapresiasi pelaksanaan Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya ini," kata Giwo Wiyogo, dikutip dari rilisnya, Selasa (23/7/2024).

Sebanyak delapan koleksi kebaya Tien Soeharto akan ditampilkan di puncak acara Hari Kebaya Nasional 2024. Beberapa di antaranya merupakan kebaya model kutu baru yang dipasangkan dengan kain wiron. Adapun kain wiron merupakan kain batik yang salah satu ujungnya dilipat-lipat seperti kipas. 

Koleksi kebaya dan kain wiron milik Tien Soeharto tersebut nantinya akan dipasang di manekin, sehingga pengunjung dapat berfoto bersama.

Selain dikenal sebagai istri presiden kedua Indonesia, Tien Soeharto sendiri merupakan salah seorang pahlawan nasional perempuan, dari total 16 perempuan yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Semasa hidupnya, ibunda Titiek Soeharto tersebut sangat mencintai kebaya. Dia selalu terlihat mengenakannya saat menghadiri acara resmi kenegaraan dan kegiatan lainnya.

Baca juga: Rangkaian Acara Hari Kebaya Nasional 2024, Ada Parade dan Lomba Berkebaya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

APP Group Kolaborasi dengan Kampus di Indonesia untuk Pengembangan SDM

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap AVC Asian Volleyball Championship Men’s U20 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: