Para kru dan pemain drakor Moving. (Sumber gambar: Blue Dragon Series Awards/X)

Drakor Moving Sabet Daesang di Blue Dragon Series Awards 2024

22 July 2024   |   18:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Malam anugerah Blue Dragon Series Awards edisi ketiga telah rampung digelar pada 19 Juli 2024 di Paradise City, Incheon, Korea Selatan. Ajang penghargaan tahunan itu pun mengumumkan Daesang Award atau hadiah utama dari Blue Dragon Series Awards diraih oleh drama serial Moving.

"Moving adalah pekerjaan yang relatif sulit, tetapi saya merasa terbayar ketika mendengar bahwa penonton dapat melupakan kesedihan mereka," kata sutradara Park In Je saat menerima penghargaan tersebut.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Primetime Emmy Awards 2024

Selain dianugerahi penghargaan tertinggi, Moving juga membuat para pemainnya bersinar. Aktor Lee Jung-ha membawa pulang penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik atas perannya sebagai Bongseok, dan Go Yoon-jung membawa pulang penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik untuk perannya sebagai Huisoo.

Lee Jung-ha berhasil membawa pulang piala dari sejumlah aktor pendatang lainnya yakni Kim Woo-seok dari serial Night Has Come, Noh Jae-won (Daily Dose of Sunshine), Lee Si-woo (Boyhood), dan Choi Hyun-wook (High Cookie). 

Begitupun Go Yoon-jung yang berhasil unggul dari sejumlah aktris lainnya yang masuk ke dalam nominasi yakni Kim Hye-joon dari serial A Shop for Killers, Lee Yul-eum (The 8 Show), Jang Da-ah (Pyramid Game), dan Jeon So-nee (Parasyte: The Grey).
 


Diadaptasi dari webtoon populer karya penulis terkenal Kang Full dengan judul yang sama, Moving bercerita tentang sekelompok orang yang harus melarikan diri dari incaran para agen pemerintah karena berhasil menguak kekuatan super yang mereka rahasiakan.

Berlatar di era modern Korea, Moving menceritakan kisah tentang sekelompok orang berkekuatan super yang sebenarnya menyembunyikan kemampuan super mereka demi melindungi keluarga mereka dari ancaman dan eksploitasi. 

Mengambil latar belakang waktu pada era 1990-an, kisah drama ini berawal dari Badan Perencanaan Keamanan Nasional Korea Selatan yang membentuk tim operasi rahasia yang terdiri dari orang-orang berkekuatan super.

Ditugaskan untuk melaksanakan misi rahasia, anggota unit elit ini menggunakan kekuatan mereka untuk mempertahankan negara dan mencapai hal yang mustahil setiap hari. Terlepas dari keberhasilan mereka, suatu hari tim ini tiba-tiba menghilang, menyebar ke seluruh negeri, dan tidak pernah terdengar lagi kabarnya.

Beberapa dekade kemudian, Bongseok (diperankan oleh Lee Jung-ha), seorang anak laki-laki yang bisa melayang sebelum bisa berjalan, dan Huisoo (Go Youn-jung), seorang gadis yang selamat dari kecelakaan mobil yang mengerikan tanpa cedera, berakhir di sekolah yang sama, dan dengan cepat menjadi dekat setelah saling berbagi rahasia dan menemukan bahwa ada lebih banyak orang seperti mereka di dunia ini.

Namun, ketika kehidupan para remaja ini tampak tenang, seorang supir pengantar barang misterius bernama Frank (Ryoo Seung-bum) mulai membunuh orang-orang yang memiliki kekuatan di seluruh Seoul. Dengan bahaya yang makin mendekat, orang-orang berupaya menghentikan Frank sebelum dia mengungkap rahasia anak-anak itu.

Moving juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Korea seperti Ryu Seung-ryong, Han Hyo-joo, Zo In-sung, Cha Tae-hyun, Kim Sung-kyun, dan Kim Do-hoon.

Moving pertama kali dirilis pada 9 Agustus 2023 di layanan streaming Disney+, dan tayang di Amerika Serikat lewat platform Hulu sebanyak 7 episode. Dalam seminggu perilisannya, Moving menjadi serial yang paling banyak ditonton di kedua platform tersebut berdasarkan jam yang ditonton.

Pada minggu pertama perilisannya, Moving menjadi serial yang paling banyak ditonton di sejumlah negara di kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, dan negara-negara di Asia Tenggara, berdasarkan jam yang ditonton.

Sejumlah prestasi pun telah diraih oleh Moving di sejumlah ajang penghargaan bergengsi diantaranya Baeksang Arts Awards, Blue Dragon Series Awards, Critic's Choice Awards, APAN Star Awards, dan Asia Contents Awards & Global OTT Awards.

Belum lama ini, sutradara Park In-je mengungkapkan kemungkinan sekuel serial Moving. Dia mengatakan Kang Full selaku penulis webtoon dan skenario dari serial tersebut telah menulis dua cerita dalam semesta Moving dengan judul Bridge dan Timing. Plus, ada satu lagi cerita yang sedang digarap berjudul Hidden.

"Kang Full memiliki judul lain yang ada di dalam semesta yang ia bangun, dengan judul Bridge dan Timing, jadi ada lebih banyak cerita yang sudah ada di luar sana [Moving]. Ada satu lagi yang sedang ia garap yang disebut Hidden. Jadi, jika ada musim kedua, itu akan menjadi salah satu dari itu," katanya dikutip dari The Hollywood Reporter.

Selain itu, sutradara yang juga menggarap serial Kingdom Season 2 itu juga memastikan akan menggarap sekuel Moving dengan lebih totalitas dari musim pertamanya, baik dari sisi efek visual, eksplorasi genre, suguhan aksi, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Nickelodeon Kids' Choice Awards 2024, Taylor Swift Borong Piala

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, semuanya adalah yang pertama bagi saya dengan serial ini, karena VFX-nya berat, genre romansa dan memiliki banyak aksi dan seterusnya. Jadi, jika saya memimpin seri ini sekali lagi, yang bisa saya katakan adalah saya akan menunjukkan kepada Anda versi yang jauh lebih baik dari semua yang Anda lihat di musim pertama," ucapnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Review Film Pusaka, Alegori Kutukan Ketika Manusia Menganggap Sejarah Sebelah Mata

BERIKUTNYA

Jadwal MPL ID Season 14, Sembilan Tim Bersaing Amankan Tiket M6 World Championship

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: