Interior mobil (Sumber foto: unsplash.com/@egla)

5 Aksesoris Penting untuk Mobil yang Enggak Bikin Kantong Bolong

31 May 2024   |   20:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Eksistensi dan perkembangan e-commerce di Indonesia telah membantu banyak sekali manufaktur untuk menjual produk-produk mereka. Tanpa melalui distributor besar, sekarang produk-produk tersebut bisa dijual dengan harga yang kompetitif dan menarik untuk pasar lokal.

Kompetisi ini juga turut hadir dalam industri otomotif, berkat banyaknya pengguna kendaraan pribadi di Indonesia. Menghasilkan beberapa aksesoris mobil yang sama-sama inovatif, dan harus diimbangi bersama harga yang murah, stok besar, tapi tetap mempertahankan kualitas dan fungsi yang baik.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil

Lantas apa saja aksesoris yang dapat meningkatkan fungsionalitas mobil, tapi tidak bikin kantong bolong? Untuk itu simak penjelasan dari 5 kegunaan aksesoris mobil, beserta perkiraan harganya: 
 

1. Blind Spot Mirror

Kaca spion bawaan mobil memang memiliki keterbatasan tersendiri yaitu blind spot, atau area di jalanan yang tidak bisa dilihat secara langsung. Misalnya jika Genhype sedang beralih jalur, di kaca spion mungkin jalanan terlihat aman, tapi terkadang ada sebuah mobil lain yang tidak terlihat.

Meski sepele, keterbatasan ini dapat menciptakan situasi-situasi yang sangat berbahaya, baik untuk diri sendiri dan pengemudi lain. Untuk itu, memasang blind spot mirror bisa meminimalisir kejadian serupa untuk terjadi. Dengan desain melengkung, Genhype bisa  mendapatkan  sudut pandang dari bagian belakang mobil yang lebih lebar. Harga blind spot mirror juga sangat terjangkau, rata-rata dijual dengan harga Rp25.000.


2. Dash Cam 

Peningkatan popularitas dari dash Cam bukan tanpa sebab, aksesoris ini memiliki banyak kegunaan penting pada situasi-situasi darurat yang mungkin terjadi saat berkendara. Perangkat ini otomatis aktif ketika kunci kontak kendaraan berada dalam posisi menyala. Karena ditenagai oleh sistem listrik internal kendaraan, dan duduk di atas dashboard. Harga dash cam sangat beragam, tapi beberapa dijual mulai dengan harga Rp300.000.

Karena dapat merekam segala sesuatu selama perjalanan, dash cam bisa menangkap barang bukti untuk klaim asuransi palsu dan kecelakaan, serta mencegah pencurian atau aksi vandalisme pada mobil. Video adalah bukti yang kuat dan sulit dibantahkan, sehingga memiliki dash cam dapat menjadi investasi yang baik untuk mobil Genhype
 

3. Pengisi sela-sela jok

Apakah Genhype pernah kehilangan barang-barang berharga seperti kunci rumah, uang, atau bahkan smartphone? Barang-barang ini biasanya jatuh ke lantai mobil atau terjebak dalam sela-sela di antara kursi penumpang/pengemudi.  Pengisi sela-sela jok biasanya dibuat dari busa tebal, yang dapat mengisi dan menutup sela-sela mobil.

Sehingga jika barang kesayangan Genhype jatuh atau terjebak, proses mengambilnya tidak akan terlalu sulit. Aksesoris  ini  rata-rata dijual dengan harga Rp50.000, dan biasanya menyertakan lebih dari satu busa dalam satu pembelian. 
 

4. Trunk Organizer 

Beberapa interior mobil sayangnya memiliki ruang penyimpanan barang yang cukup terbatas, Membuat barang-barang akan berserakan, dan membuat penampilan interior mobil sangat tidak enak untuk dilihat, khususnya di bagian belakang mobil (trunk).

Dengan memasang sebuah trunk organizer, barang-barang Genhype akan tertata dengan rapi. Aksesoris ini memiliki fungsi ekstra, yakni meminimalisir kerusakan dengan mengamankan barang-barang rapuh sehingga tidak saling bertabrakan sepanjang perjalanan. Harga dari aksesoris ini cukup beragam, Rp200.000 - Rp900.000 tergantung kualitas dan kompleksitas desain. 
 

5. Detailing Spray

Selain rapi, jangan lupa juga untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan kinclong dan bersih, biasanya dengan mencucinya. Namun, mencuci mobil biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tidak selalu dapat dilakukan. 

Detailing spray sangat berguna bila terdapat noda membandel yang menempel pada eksterior atau interior mobil, yang juga dapat menghidupkan kembali lapisan cat, menghilangkan noda air, dan memberikan perlindungan pada lapisan vinyl & PPF. Aksesoris ini biasanya dijual di harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp65.000 per botol. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

9 Rekomendasi Kafe Hidden Gem di Jabodetabek yang Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Genhype, Ini Alasan Varises Lebih Rentan Mendera Wanita Dibanding Pria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: