Ilustrasi membersihkan interior mobil. (Sumber foto: Pexels/Ariyo)

5 Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil

19 May 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang suka jalan-jalan, berkendara dengan membawa kendaraan sendiri merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, semua itu bisa berubah menjadi menyebalkan ketika mobil yang dikendarai memiliki bau apek yang mengganggu.

Ada berbagai macam alasan yang membuat kendaraan berbau apek, sehingga menyebabkan pengalaman berkendara tidak menyenangkan. Di antaranya adalah filter udara yang kotor atau sisa makanan di dalam mobil.

Ya, tidak jarang pengemudi atau penumpang melakukan aktivitas mengemil atau makan makanan besar ketika berada di dalam mobil. Saat itu, tidak menutup kemungkinan ada makanan atau cemilan yang terjatuh dan terselip.

Makanan yang terjatuh itu lama-lama dapat menjadi penyebab bau apek yang mengganggu dalam kendaraan. Makanan hanya salah satu penyebab kendaraan berbau apek. Selain itu, ada banyak jenis penyebab lainnya.

Bagi kamu yang kini memiliki kendaraan berbau apek, berikut berbagai acara untuk menghilangkannya dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber:


1. Bersihkan Interior Mobil

Bau apek di dalam mobil sering kali disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk di atas jok mobil dan karpet. Tidak jarang pula ada sisa makanan atau minuman yang tumpah dan dibiarkan terlalu lama. Untuk mengatasinya, Genhype perlu melakukan pembersihan interior mobil secara menyeluruh. 

Gunakan vakum untuk membersihkan karpet dan jok mobil dari debu dan kotoran. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah jok dan sudut-sudut yang sulit dijangkau. Kemudian gunakan kain mikrofiber dan pembersih interior mobil untuk mengelap dashboard, panel pintu, dan bagian-bagian plastik lainnya. Jika memungkinkan, keluarkan dan cuci karpet mobil. Gunakan pembersih khusus untuk membersihkan jok kain atau kulit.


2. Ventilasi Mobil Secara Berkala

Salah satu penyebab mobil berbau apek adalah kelembapan yang tinggi dalam kendaraan. Salah satu penyebab lembap adalah udara yang tidak berganti. Jadi, langkah kalian membuka kaca kendaraan dapat membuat udara berganti. Dengan begitu, kondisi suhu di dalam mobil tidak lembap dan bau apek berpotensi hilang seiring dengan keluarnya udara dan berkurangnya kelembapan.


3. Gunakan Dehumidifier

Cara lain untuk menghilangkan bau apek dalam kendaraan adalah menggunakan dehumidifier. Alat yang satu ini berguna untuk mengurangi kelembapan dalam mobil sehingga bau apek akan hilang atau berkurang.


4. Periksa dan Ganti Filter AC

Langkah memeriksa AC mobil jadi salah satu bagian untuk menghilangkan bau apek dalam mobil. Bukan tanpa alasan, pengatur suhu dalam kendaraan tersebut bisa menjadi sumber bau apek dalam kendaraan. Bagian AC bernama evaporator yang kotor bisa menjadi penyebab kondisi dalam mobil bau apek. 


5. Gunakan Pewangi Mobil

Pewangi mobil menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau apek dalam kabin. Kalian dapat membeli berbagai macam pewangi yang dijual atau menggunakan bahan-bahan alam seperti serai atau biji kopi. Saat memilih pengharum, pastikan wangi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan tidak membuat pusing. 

Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes essential oil (seperti lavender, peppermint, atau tea tree oil) dengan air dalam botol semprot. Semprotkan ke dalam mobil untuk memberikan aroma segar alami.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi Wisata Indoor di Jakarta, JAQS sampai Magic Art 3D Museum

BERIKUTNYA

5 Produser Indonesia Terpilih untuk Program Producers Network Cannes 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: