Ilustrasi perempuan memegang siku (Sumber foto: freepik)

5 Cara Merawat Kulit Siku dan Lutut yang Kering

28 May 2024   |   07:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Tak hanya wajah yang perlu diperhatikan, tetapi kulit tubuh seperti siku dan lutut juga perlu diperhatikan agar terlihat lebih sehat dan terawat. Hal ini karena kulit di area siku dan lutut cenderung lebih kering dan rentan terhadap tekstur kasar serta kerusakan.

Bahkan, tak jarang kekeringan yang berlebihan di kedua area tersebut dapat mengakibatkan kerutan dan rasa tidak nyaman saat bergerak. Lalu apa penyebab kulit di siku dan lutut bisa kering? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Cara Terbaik Menggunakan Moisturizer untuk Hasil Maksimal
 

Penyebab kulit di area siku dan lutut menjadi kering

Kulit di area siku dan lutut menjadi kering dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja faktor eksternal seperti kandungan dalam air yang digunakan untuk mandi, cuaca dingin dan kering, serta mandir air panas. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan karena iritasi akibat bahan tertentu pada losion, sabun, dan parfum yang dikenakan.

Kebiasaan buruk seperti merokok dan pola makan juga dapat menyebabkan kulit pada area siku dan lutut menjadi kering serta kasar. Berikut adalah cara merawat kulit siku dan lutut yang kering.

1. Pilih pelembap tubuh dengan kandungan humektan

Dilansir melalui laman Cerave, salah satu cara merawat kulit yang kering adalah dengan memilih pelembab tubuh yang mengandung humektan, yaitu bahan yang dapat membantu menarik kelembapan ke permukaan kulit seperti asam hialuronat, panthenol, dan gliserin. 
 

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kasar serta kering. Selain itu, eksfoliasi juga dapat membantu membuat lapisan kulit dibawahnya menjadi lebih halus dan lembut. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan scrub garam dua kali dalam seminggu saat mandi. 


3. Apply dan reapply sunscreen

Siku dan lutut adalah bagian tubuh yang sering terabaikan saat mengaplikasikan tabir surya, padahal rutinitas perlindungan dari sinar matahari yang baik dapat membantu melindungi kulit siku dan lutut dari tekstur kering dan kasar. Disarankan juga untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.


4. Perhatikan pola makan

Faktanya, kondisi kulit dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi, jadi selain menggunakan produk perawatan kuli, penting juga untuk mengadopsi pola makan sehat agar tetap terhidrasi. Dilansir melalui laman Gluta-C, agar kulit tetap sehat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, C, kolagen, dan minyak ikan. Vitamin dan mineral tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan pada penampilan kulit agar terlihat lebih terhidrasi.


5. Perhatikan bahan pakaian

Memerhatikan bahan pakaian juga sangat penting bagi kulit siku dan lutut karena beberapa jenis kain dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Jika kalian merasakan tanda-tanda iritasi setelah mengenakan jenis pakaian atau sprei tertentu, disarankan untuk segera menjauhi bahan tersebut agar dapat terhindar dari iritasi yang lebih parah. Selain itu, gunakan juga deterjen yang memiliki bahan atau kandungan yang ramah untuk kulit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fotografer Bagikan Tips Hasilkan Foto Ciamik Lewat Ponsel, Auto Jadi Profesional

BERIKUTNYA

5 Dampak Negatif Eggshell Parenting untuk Tumbuh Kembang Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: