Chopsuey, hidangan vegetarian asal India (dok. Pink Villa)

Bosan Makan Daging Saat Lebaran? Coba Deh Resep Asal India Ini

13 May 2021   |   14:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lebaran identik dengan makanan bersantan seperti opor dan rendang. Setiap rumah mungkin menyediakan hidangan ini saat hari raya.

Bagi kamu yang bosan makan daging saat Lebaran, ada menu Chopsuey asal India nih yang bisa dicoba. Proses memasaknya pun praktis.

Chopsuey merupakan hidangan vegetarian yang dibuat dengan sayuran seperti wortel, kubis, bawang putih, dan capsicum. Terdiri dari mie goreng renyah yang disajikan dengan kuah atau saus yang manis dan tajam.

Penasaran? ini 5 langkah membuat Chopsuey seperti dilansir dari Pink Villa:

Langkah 1 : Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tambahkan 3 siung bawang putih cincang serta 1 daun bawang cincang halus. Tumis sebentar. Kemudian tambahkan 1 irisan wortel, parutan kol, dan 1 paprika cincang halus. Masak sayuran dengan api sedang selama beberapa menit.

Langkah 2 : Selanjutnya tambahkan 1/4 gelas saus tomat, 1 sdm cuka, 1 sdm kecap, 1/2 sdt saus schezwan, 1/2 sdt merica, 1/2 sdt garam, dan 1/2 sdt gula. Masak hingga sausnya sedikit mengental.

Langkah 3 : Tambahkan 2 gelas air ke dalam wajan. Campurkan 2 sdt tepung maizena dengan 1/4 gelas air dan campurkan ini ke dalam wajan sambil diaduk terus menerus, untuk mengentalkan kuahnya.

Langkah 4 : Didihkan dan masak sambil terus diaduk hingga kuah mengilap. Pada tahap ini, kamu juga bisa menambahkan daun bawang cincang halus untuk menambah rasa.

Langkah 5 : Rebus 300 gram mie tawar dalam air dengan sedikit garam dan tiriskan setelah matang. Tambahkan sekitar 2 sdm tepung jagung ke dalam mi dan aduk rata. Sekarang goreng mie ini dalam minyak secara bertahap sampai menjadi renyah. Tempatkan mie dan tuangkan saus yang sudah disiapkan di atasnya.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Netflix Tunjukkan Upaya Balas Dendam di Teaser Serial Televisi Lupin Part 2, Cek!

BERIKUTNYA

Omzet Ratusan Juta Dengan Usaha Keripik Bolu Ketan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: