Ilustrasi calon mahasiswa melaksanakan ujian (Sumber foto: freepik/yanalya)

Jangan Menyerah, Masih Ada Jalur Masuk Perguruan Tinggi Selain SNBP

27 March 2024   |   18:45 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Di Indonesia, ribuan calon mahasiswa berlomba untuk mendapatkan kesempatan masuk ke perguruan tinggi favorit setiap tahunnya. Terdapat ribuan universitas yang dapat mereka pilih memalui beberapa jalur masuk perguruan tinggi mulai dari jalur prestasi hingga tes. 

Berbagai jalur tersedia bagi siswa dan siswi yang ingin lanjut ke jenjang berikutnya. Salah satunya adalah Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Baca juga: Daftar PTN & Prodi Favorit SNBP 2024, Ada Kampus Genhype?

SNBP merupakan jalur seleksi berbasis prestasi akademik dan nonakademik siswa yang memiliki kriteria dengan nilai dan prestasi terbaik selama masa sekolah 3 tahun di SMA. Akan tetapi, siswa yang bisa mengikuti seleksi SNBP adalah siswa eligible

 

Logo SNBP dan SNBT (Sumber foto: SNPMB BPPP)

Logo SNBP dan SNBT (Sumber foto: SNPMB BPPP)


Meskipun jalur SNBP memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik selama di SMA, namun tidak semua pelamar dapat lolos melalui jalur prestasi ini dikarenakan persaingan yang ketat dan kuota yang terbatas.

Bagi mereka yang lolos SNBP, tidak diperbolehkan lagi untuk mengikuti jalur seleksi lainnya. Sedangkan bagi mereka yang tidak lolos, dapat mengikuti jalur masuk perguruan tinggi yang ada. Dilansir melalui situs resmi jalur masuk perguruan tinggi masing-masing, berikut jalur yang bisa ditempuh untuk memasuki perguruan tinggi selain SNBP. 


1. UBTK - SNBT

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) merupakan jalur yang diperuntukan bagi calon mahasiswa dengan sistem ujian tertulis berbasis komputer yang dilakukan serentak oleh seluruh peserta UTBK di Indonesia. Ujian yang diselenggarakan oleh SNPMB BPPP ini dilakukan secara luring di titik lokasi yang menjadi pusat penyelenggara UTBK. 

Pada pendaftaran SNBT, calon mahasiswa dapat memilih universitas yang diinginkan secara lintas wilayah, artinya mereka dapat memilih seluruh universitas yang ada di Indonesia. Selain itu, setiap peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.

Setelah calon mahasiswa mengikuti tes UTBK, nantinya akan ada hasil ujian yang dipergunakan untuk proses seleksi ke universitas yang dituju. Para pelamar yang mendaftar SNBT harus membayar biaya pendaftaran sejumlah Rp200.000. 

Dilansir melalui laman resmi SNPMB BPPP, berikut adalah jadwal UTBK - SNBT 2024
  • Registrasi Akun SNPMB Siswa: 08 Januari – 15 Februari 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret – 05 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 30 April dan 02 – 07 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 2: 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024:
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni – 31 Juli 2024


2. Seleksi Mandiri PTN & PTS

Selanjutnya adalah jalur seleksi mandiri untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Jalur mandiri merupakan jalur yang diadakan oleh masing-masing universitas di Indonesia.

Biasanya, pada jalur ini calon mahasiswa harus mengerjakan ujian yang terdiri dari berbagai jenis soal. Tingkat kesulitan soal ujian tersebut juga disesuaikan oleh masing-masing perguruan tinggi. 

Sementara itu, terdapat juga beberapa perguruan tinggi yang meminta calon mahasiswa untuk mengirimkan portofolio sebagai salah satu syarat seleksi. Informasi dan linimasa pendaftaran jalur mandiri sendiri akan diinformasikan melalui laman universitas yang dituju.

Selain itu, bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur mandiri, mereka harus mengeluarkan sejumlah biaya yang telah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi.  


3. UM-PTKIN

Dilansir melalui laman UM-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM-PTKIN merupakan bentuk ujian masuk perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan perguruan tinggi yang memiliki program studi dengan izin pendirian dari Kementerian Agama. 

Proses penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan dalam satu sistem yang terpadu secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia. Pada tahun ini, sistem UM-PTKIN diselenggarakan secara luring di PTKIN yang dipilih oleh peserta dan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). 


4. SMM PTN Barat

SMM PTN Barat merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri jalur mandiri secara bersama bagi calon mahasiswa yang berada di wilayah Indonesia bagian barat. Program seleksi mandiri ini sudah berjalan baik sejak tahun 2017.

SMM PTN Barat juga memberikan opsi bagi calon mahasiswa untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.  

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lulus SNBP 2024, Cek Yuk!

Selain itu, dijelaskan juga pada laman resmi SMM PTN Barat bahwa program ini juga diperuntukan bagi calon mahasiswa yang belum memiliki akun SNPMB untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Program ini juga dikenakan biaya bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar pada jalur SMM PTN Barat. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Refleksi Hari Film Nasional dari 3 Sineas: Ekosistem Mulai Ideal, Tapi Perlu Terus Berbenah

BERIKUTNYA

Film Godzilla X Kong: The New Empire Tayang Hari Ini, Cek Fakta-fakta Menariknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: