Sebelum Pasang Internet Fiber, Coba Perhatikan 10 Hal Penting Ini
12 May 2021 |
16:45 WIB
Selain mengandalkan koneksi internet seluler, kalian bisa loh memanfaatkan koneksi internet fiber atau kabel yang kecepatannya bisa lebih stabil dan kencang. Selain itu, sekarang ini koneksi internet fiber juga sudah mulai terjangkau harganya dengan makin banyaknya pemain baru yang muncul.
Nah, buat GenHype yang berencana untuk memasang atau mengganti koneksi internet fiber baru, ada beberapa hal yang harus kalian perjelas dulu. Berikut ini nih poin penting yang mesti kalian ketahui :
1. Ketahui tentang biaya instalasi, waktu penyiapan, dan pembayaran uang muka
Selalu klarifikasi dengan penyedia layanan internet tentang jumlah awal yang diperlukan untuk mendapatkan koneksi internet baru. Biaya tiap merek bisa bervariasi, jadi pastikan dulu ya!
2. Tanyakan apakah kalian perlu membeli modem atau mengembalikannya setelah berhenti langganan
Saat memilih penyedia koneksi internet fiber, tanyakan tentang modem dan apakah mereka menawarkannya secara gratis atau kalian perlu membeli terpisah. Begitu juga dengan keharusan pengembalian modem setelah tidak lagi menggunakan layanan tersebut.
3. Perhatikan jenis modem yang ditawarkan penyedia layanan internet
Tanyakan juga tentang jenis modem yang didapatkan, apakah itu router dual band atau bukan. Tanyakan juga kepada mereka tentang nama dan model modem untuk memeriksa spesifikasi lengkapnya.
4. Kecepatan internet yang simetris atau tidak
Kecepatan internet simetris berarti kecepatan unduh dan unggahnya sama. Biasanya, kecepatan unggah jauh lebih lambat daripada unduhnya. Tapi ada juga loh yang menyediakan kecepatan simetris.
5. Tanya tentang kecepatan rata-rata, bukan kecepatan puncak
Sebagian besar penyedia layanan internet mengiklankan dan membanggakan kecepatan puncak atau tertingginya saja. Padahal kenyataannya tidak demikian. Jadi tanyakan kecepatan rata-rata koneksi yang ditawarkan.
6. Konfirmasi berapa banyak perangkat yang dapat didukung dengan kecepatan internet rata-rata yang sama
Penting untuk mengetahui berapa banyak perangakat yang dapat dihubungkan ke paket tertentu, dengan catatan mendapat kecepatan internet yang sama. Karena biasanya kecepatan akan turun setelah beberapa perangkat tersambung.
7. Tanyakan juga apakah data yang tidak digunakan dapat diperpanjang atau tidak
Penting sekali untuk menanyakan kepada penyedia layanan apakah fasilitas pengguliran data tersedia atau tidak. Ini berarti data yang tidak terpakai dapat dibawa ke periode selanjutnya jika memang memungkinkan. Bisa lebih hemat kan.
8. Cek sosial media penyedia layanan untuk mencari pengalaman layanan pengguna
Penting untuk melakukan riset kecil-kecilan. Tanyakan tetangga yang sudah pernah menggunakan atau cari media sosialnya untuk mengetahui tentang pengalaman mereka yang sebenarnya di wilayah kalian.
9. Tanya apakah penyedia internet punya dukungan layanan pelanggan atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah
Penting untuk memiliki kontak langsung dengan penyedia jasa internet sehingga masalah dapat diselesaikan lebih cepat. Tanya juga tentang dukungan pelanggan dan waktu rerata yang dibutuhkan untuk sebuah laporan permasalahan.
10. Apakah ada paket konten lain yang termasuk dalam paket atau tidak
Sebagian besar penyedia jasa internet saat ini menawarkan bundling konten tertentu yang akan bisa dinikmati pelanggannya. Tanyakan hal ini untuk memaksimalkan layanan yang ada.
Editor: Purboyo
Nah, buat GenHype yang berencana untuk memasang atau mengganti koneksi internet fiber baru, ada beberapa hal yang harus kalian perjelas dulu. Berikut ini nih poin penting yang mesti kalian ketahui :
1. Ketahui tentang biaya instalasi, waktu penyiapan, dan pembayaran uang muka
Selalu klarifikasi dengan penyedia layanan internet tentang jumlah awal yang diperlukan untuk mendapatkan koneksi internet baru. Biaya tiap merek bisa bervariasi, jadi pastikan dulu ya!
2. Tanyakan apakah kalian perlu membeli modem atau mengembalikannya setelah berhenti langganan
Saat memilih penyedia koneksi internet fiber, tanyakan tentang modem dan apakah mereka menawarkannya secara gratis atau kalian perlu membeli terpisah. Begitu juga dengan keharusan pengembalian modem setelah tidak lagi menggunakan layanan tersebut.
3. Perhatikan jenis modem yang ditawarkan penyedia layanan internet
Tanyakan juga tentang jenis modem yang didapatkan, apakah itu router dual band atau bukan. Tanyakan juga kepada mereka tentang nama dan model modem untuk memeriksa spesifikasi lengkapnya.
4. Kecepatan internet yang simetris atau tidak
Kecepatan internet simetris berarti kecepatan unduh dan unggahnya sama. Biasanya, kecepatan unggah jauh lebih lambat daripada unduhnya. Tapi ada juga loh yang menyediakan kecepatan simetris.
5. Tanya tentang kecepatan rata-rata, bukan kecepatan puncak
Sebagian besar penyedia layanan internet mengiklankan dan membanggakan kecepatan puncak atau tertingginya saja. Padahal kenyataannya tidak demikian. Jadi tanyakan kecepatan rata-rata koneksi yang ditawarkan.
6. Konfirmasi berapa banyak perangkat yang dapat didukung dengan kecepatan internet rata-rata yang sama
Penting untuk mengetahui berapa banyak perangakat yang dapat dihubungkan ke paket tertentu, dengan catatan mendapat kecepatan internet yang sama. Karena biasanya kecepatan akan turun setelah beberapa perangkat tersambung.
Aktivitas WFH membutuhkan dukungan internet WiFi yang cepat dan stabil. Biznet
7. Tanyakan juga apakah data yang tidak digunakan dapat diperpanjang atau tidak
Penting sekali untuk menanyakan kepada penyedia layanan apakah fasilitas pengguliran data tersedia atau tidak. Ini berarti data yang tidak terpakai dapat dibawa ke periode selanjutnya jika memang memungkinkan. Bisa lebih hemat kan.
8. Cek sosial media penyedia layanan untuk mencari pengalaman layanan pengguna
Penting untuk melakukan riset kecil-kecilan. Tanyakan tetangga yang sudah pernah menggunakan atau cari media sosialnya untuk mengetahui tentang pengalaman mereka yang sebenarnya di wilayah kalian.
9. Tanya apakah penyedia internet punya dukungan layanan pelanggan atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah
Penting untuk memiliki kontak langsung dengan penyedia jasa internet sehingga masalah dapat diselesaikan lebih cepat. Tanya juga tentang dukungan pelanggan dan waktu rerata yang dibutuhkan untuk sebuah laporan permasalahan.
10. Apakah ada paket konten lain yang termasuk dalam paket atau tidak
Sebagian besar penyedia jasa internet saat ini menawarkan bundling konten tertentu yang akan bisa dinikmati pelanggannya. Tanyakan hal ini untuk memaksimalkan layanan yang ada.
Editor: Purboyo
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.