Tahu Bakso Ayam & Kornet ala Devina Hermawan. (Dok. Youtube Devina Hermawan)

Yuk Bikin Tahu Bakso Kekinian ala Devina Hermawan

18 August 2021   |   12:35 WIB

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia memang sudah usai, tapi bukan berarti suasananya juga lho! Salah satu cara untuk memeriahkan acara tahunan ini adalah membuat menu kreasi yang terinspirasi dari bendera Merah Putih yang bisa dikreasikan dalam berbagai hidangan makanan. Nah, kali ini juru masak Devina Hermawan berbagi resep tahu bakso ayam dan kornet yang terinspirasi dari desain bendera Merah Putih ini lho!

Resep ini bisa disajikan sebagai camilan atau sebagai lauk di dalam makanan utama, baik saat makan siang maupun makan malam. Dengan teknik pengolahan yang tidak sulit, yuk coba resep ini!

Bahan-bahan
6 buah tahu putih

Isian tahu
270 gram paha ayam fillet dengan kulit (bisa diganti dengan daging ayam giling jika tidak punya food processor)
80 gram kornet sapi atau udang
2 sdt garam
1/2 sdm gula
1 sdt penyedap
1 butir putih telur besar
1-2 siung bawang putih besar, potong kecil-kecil
3 siung bawang merah sedang, potong kecil-kecil
120 gram tepung sagu
70 gram beetroot halus
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm minyak
80 ml air es
55 gram wortel parut
2-3 tetes pewarna kuning (opsional)
2-3 tetes pewarna merah (opsional)
Minyak untuk menggoreng
Tepung terigu protein sedang untuk taburan
Saus bangkok atau sambal sebagai pelengkap

Cara membuat
1. Potong pinggiran tahu agar tahu bisa berdiri sempurna saat dimasak lalu bagi tahun menjadi tiga.

2. Ambil bagian tengah tahu dengan sendok, lalu sisihkan bagian ini untuk adonan daging. Bentuk tahu setelah proses ini adalah persegi panjang dengan lubang cekung di tengahnya. Lakukan tahapan pertama dan tahapan ini sampai semua tahu habis.

3. Adonan daging: Blender paha ayam, kornet, gula, garam, penyedap, dan merica. Blender sampai semua bahan menjadi lengket dan halus. Masukkan bawang putih, bawang merah, dan sisa tahu dan blender di dalam adonan daging sampai halus.

Jika tidak memiliki food processor, alternatifnya adalah mencampurkan daging ayam giling dan kornet ke dalam satu mangkuk lalu aduk sampai halus bersama dengan bumbu-bumbunya. Kemudian parut halus bawang putih, bawang merah, dan tahu lalu campurkan ke dalam adonan tersebut.

4. Masukkan putih telur, air es, beetroot, tepung sagu, pewarna, wortel, dan daun bawang ke dalam adonan daging. Aduk rata.

5. Taburkan tepung terigu tipis-tipis di atas permukaan tahu sebelum proses mencetak daging. Tujuan proses ini agar adonan daging bisa menempel dengan baik saat dicetak.

6. Dengan garpu, letakkan isian daging di atas tahu dan ratakan daging agar menempel pada tahu. Pastikan komposisi warna antara merah dan putihnya seimbang seperti bendera. Setelah itu, beri corak dengan garpu untuk mempercantik hidangan dan memastikan adonan tetap menempel.

7. Kukus tahu bakso selama 10 menit di atas api sedang. Untuk mengukus dengan kompor, pastikan apinya tidak besar agar warna merah pada daging tidak menjadi gelap akibat suhu panas.

8. Pada tahap ini, tahu bakso bisa langsung disajikan dalam keadaan hangat jika Genhype ingin memakan tahu bakso kukus.

Tapi jika ingin menggorengnya, siapkan minyak goreng di dalam penggorengan lalu masukkan tahu yang sudah dikukus dan goreng sampai matang.

9. Untuk tahu bakso kukus Genhype bisa menyajikannya dengan saus kacang, sedangkan untuk tahu bakso goreng Genhype bisa menyajikannya dengan sambal bangkok atau sambal lain dengan rasa yang ringan.

Jadi bagaimana, mudah bukan? Jika Genhype ingin tahu lebih lanjut atau melihat langsung proses pembuatannya, cek video di bawah ini!
 


Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

BTOB, ENHYPEN & 5 Artis Ini Bakal Membuka Konser KCON:TACT HI 5

BERIKUTNYA

Letterboxd, Tempatnya Pencinta Film Berjejaring & Ulasan Karya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: