Penggunaan videotron outdoor. (Sumber gambar: Tania Mousinho/Unsplash)

Harga Videotron yang Viral di Media Sosial, Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah

16 January 2024   |   20:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kata kunci videotron mendadak viral di media sosial. Di platform X--sebelumnya Twitter--kata 'videotron' telah digunakan warganet lebih dari 169.000 cuitan. Kata itu menjadi perbincangan setelah netizen ramai membicarakan diturunkannya konten Anies Baswedan yang dipasang sebagai iklan videotron di Bekasi dan Jakarta.

Diketahui, konten tersebut dibuat oleh komunitas pendukung Anies yang mengaku fans K-Pop bernama Olppaemi Project. Melalui akun X @olpprpject, mereka menyampaikan bahwa konten Anies di videotron tidak bisa ditayangkan lagi dengan alasan "di luar kuasa mereka". Padahal, iklan tersebut dijadwalkan tayang selama seminggu.

"Sayangnya, kami harus mengabarkan bahwa LED Ads yang telah dijadwalkan tayang seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi tersebut karena suatu hal yang di luar kuasa kami," demikian tulis Olppaemi Project.

Baca juga: Penyanyi Woro Widowati Muncul di Billboard Times Square, Kenalkan Musik Pop Jawa ke Kancah Dunia

Dalam pernyataan terbarunya, mereka menuliskan bahwa pihaknya masih dalam tahap diskusi internal bersama dengan pihak terkait, salah satunya berkoordinasi dengan pihak advertiser. Selain itu, mereka juga menyatakan bakal mengirimkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana para donatur yang terlibat dalam proyek iklan tersebut.

Mengutip dari situs resmi Polytron, videotron adalah bentuk periklanan yang mengandalkan teknologi layar Light Emitting Diode (LED) untuk menampilkan berbagai jenis konten seperti iklan, video, gambar, dan pesan lainnya. 

Sebagai iklan Digital Out of Home Advertising (DOOH) luar ruang, videotron adalah media yang terbilang efektif digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari periklanan, media komunikasi dan informasi, maupun hiburan. Terlebih, resolusi videotron pun beragam, menggunakan format multimedia, dan dilengkapi pencahayaan yang baik, sehingga brand bisa meningkatkan kesadaran merek dengan mudah.

Sebagai media iklan, videotron dapat menarik perhatian banyak orang, terutama ketika ditempatkan di lokasi strategis yang ramai. Sementara sebagai media komunikasi dan informasi, perangkat ini bisa menyebarkan informasi penting dan komunikasi dengan cara yang menarik, sehingga lebih mudah dipahami oleh banyak orang. Adapun sebagai media hiburan, videotron sering digunakan untuk acara hiburan seperti konser, karena mampu menampilkan tampilan yang terang dan detail dari jarak jauh. 
 

Penggunaan videotron outdoor. (Sumber gambar: Andare Ricketts/Unsplash)

Penggunaan videotron outdoor. (Sumber gambar: Andare Ricketts/Unsplash)

Ada dua jenis LED utama yang digunakan untuk videotron yakni LED Dual In Line Package (DIP) dan LED Surface Mounted Device (SMD). LED DIP umumnya digunakan untuk videotron outdoor, dengan tingkat kecerahan tinggi antara 8.000 hingga 12.000 nits. Sementara itu, LED DIP memiliki tiga lampu LED terpisah yaitu warna merah, biru, dan hijau.

Adapun, LED SMD lebih cocok digunakan untuk videotron indoor. Ketiga lampu LED yakni merah, biru, dan hijau dalam jenis ini tergabung dalam satu chipset yang sama, sehingga tingkat kecerahannya tidak seterang DIP, dengan rentang sekitar 600 hingga 6.000 nits. 
 

Jenis-jenis Videotron

Ada banyak jenis videotron yang bisa didasarkan pada sejumlah faktor, termasuk jumlah warna, sistem instalasi, tempat pemasangan, dan ukuran pitch. Berdasarkan warna, videotron dibedakan dari jumlah warna LED yang digunakan yakni satu warna, dua warna, dan tiga warna (full colour). Sistem full colour umumnya menghasilkan gambar yang lebih jelas.

Berdasarkan sistem instalasi, videotron dapat digolongkan menjadi dua jenis yakni tetap (fix system) dan bergerak (mobile system). Videotron tetap biasanya terpasang secara permanen dalam jangka waktu lama, sedangkan jenis yang bergerak dapat dipasang dan dibongkar sesuai kebutuhan, seperti pada background panggung ataupun videotron konser. Bahkan, saat ini mulai banyak penggunaan videotron yang digunakan pada kendaraan.

Adapun, berdasarkan tempat pemasangan, videotron terbagi menjadi jenis dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Sementara, pemilihannya tergantung pada tingkat perlindungan alat dan kecerahan LED yang diperlukan. Pengkategorian terakhir berdasarkan ukuran pitch terbagi menjadi pitch kecil yakni 1,2 hingga 2,5 mm, pitch sedang (3 hingga 7 mm), dan pitch besar (di atas 10 mm).
 

Penggunaan videotron outdoor. (Sumber gambar: Tony Pham/Unsplash)

Penggunaan videotron untuk panggung konser. (Sumber gambar: Tony Pham/Unsplash)

Harga Videotron

Menukil dari laman PT Indovisual Presetatama, harga videotron bervariasi tergantung pada merek, tempat pembelian, waktu pembelian, dan berbagai faktor lainnya. Namun, secara umum, panel videotron outdoor harganya berkisar antara Rp15 juta sampai Rp25 juta per meter persegi. 

Adapun, ukuran videotron umum yang digunakan adalah 5 meter x 3 meter atau 15 meter persegi. Jika membeli panel videotron P5 outdoor dengan harga Rp15 juta per meter persegi, berarti kalian perlu menyiapkan bujet sekitar Rp225 juta.

Di samping biaya panel, diperlukan konstruksi sebagai tempat meletakkan atau memasang videotron. Biaya konstruksi ini biasanya berbeda antara ketika harus memasang videotron di dinding, atau ketika harus membangun pilar sebagai landasan videotron.

Biaya konstruksi ini juga sangat beragam. Jika videotron dipasang di dinding, biaya konstruksinya mulai dari Rp40 juta pada videotron berukuran 5 meter x 3 meter. Sementara itu, jika hendak dipasang dengan konstruksi bentuk pilar, biayanya mulai dari Rp45 juta pada videotron berukuran 5 meter x 3 meter. Adapun, jika videotron berukuran lebih besar maka biaya konstruksinya juga bisa lebih besar. 

Sementara harga videotron indoor biasanya lebih murah, karena instalasinya lebih mudah. Harga videotron indoor per meternya pun beragam tergantung jenisnya.

Ada videotron P3.91 dan P4 indoor mulai dari Rp10 juta-Rp40 juta per meter persegi, Rp10 juta-Rp60 juta (PS5 indoor), dan yang termahal yakni videotron P10 yang bisa sampai Rp200 juta per meter persegi. Untuk jenis yang terakhir, biasanya digunakan untuk kebutuhan aula konser yang megah dan mewah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Definisi Cantik Wanita Paruh Baya dalam Balutan Gaun Rancangan Agnes Linggar Budhisurya

BERIKUTNYA

Tren Gaya Rambut Pria 2024: Korean Hairstyle hingga Comma Shag dan Bowl Shag

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: