Ilustrasi laptop bisnis (Sumber gambar: Dok. Lenovo)

Lenovo Sematkan 3 Mesin Komputasi Berbasis AI untuk Jajaran Laptop Bisnis

28 December 2023   |   19:56 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan komputer asal China, Lenovo resmi memperkenalkan 3 mesin komputasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang disematkan dalam jajaran produk laptop terbarunya. Ketiga mesin komputasi tersebut adalah Central Processing Unit (CPU), Graphics Processing Unit (GPU), dan Neural Processing Unit (NPU).

Ketiganya merupakan rangkaian unit dari prosesor Intel Core Ultra yang hadir dalam 3 laptop anyar Lenovo yaitu Lenovo ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 2-in-1, dan IdeaPad Pro5i. Ketiga laptop tersebut dirancang khusus untuk kalangan bisnis dan konsumer dengan mengedepankan efisiensi daya, kinerja, dan pengalaman imersif yang optimal.

Adapun pengalaman imersif ini dihadirkan melalui komputasi AI untuk mendorong keseimbangan dan efisiensi pengguna dalam bekerja dan bermain. Maka, mekanisme kerja dalam ketiga laptop ini tidak lagi sepenuhnya bertumpu pada CPU. Memindahkan tugas ke NPU dan GPU dilakukan untuk mendorong efisiensi performa dan manajemen daya yang lebih baik sehingga pengguna bisa menikmati kerja bebas lebih berkualitas.

Ini utamanya dalam penggunaan perangkat kerja seperti Zoom, Microsoft Teams, Studio Effects, Adobe Lightroom, dan lainnya. Intelejensi buatan ini didukung dengan kemampuan seperti memprediksi teks, memburamkan latar belakang, mentranskrip rapat, hingga meringkas email untuk meningkatkan produktivitas.
 

Ilustrasi penggunaan laptop bisnis (Sumber gambar: Dok. Lenovo)

Ilustrasi penggunaan laptop bisnis (Sumber gambar: Dok. Lenovo)
 

Dengan kemampuan AI dari Copilot di Windows 11 tersebut, pengguna bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam menjalankan fitur meringkas halaman web, menulis email, mengubah pengaturan, dan memungkinkan pengalaman baru dalam aplikasi termasuk Paint, Snipping Tool, dan lainnya.  Fitur ini hadir sebagai komitmen Lenovo untuk mendorong komputasi personal yang transformatif. Fitur berbasis AI ini akan membuat aktivitas dan ranah kerja makin terpersonalisasi sebagai solusi baru bagi pengguna laptop dari kalangan pekerja.

Selain itu, Lenovo juga memperluas portofolio cloud hybrid yang didukung oleh prosesor Intel Xeon generasi terbaru dengan platform AI-ready demi peningkatan kinerja dan akselerasi pengguna yang lebih dinamis.  Pengalaman AI ini mendorong kemampuan kerja prosesor lebih kencang untuk kemampuan teks-ke-gambar, pembuatan teks AI generative dan mempercepat alur kerja pengeditan foto dan video dengan memberikan tampilan kualitas yang lebih tinggi dan ekspor video lebih cepat.  

Monitor 3D Lenovo ThinkVision 27 juga dirancang khusus untk laptop bisnis yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi. Monitor 3D ini dilengkapi dengan versi antarmuka pengguna yang makin interaktif. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung kerja desain dan kreasi bagi para kreator.

Monitor pada rangakan laptop terbaru Lenovo ini didesain dengan peningkatan daya komputasi sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan peralatan tambahan. Selain lebih ringkas, fitur ini juga bisa meningkatkan efisiensi pengguna untuk memvisualisasikan dan menyesuiakan desain secara real time sehingga lebih memudahkan pekerjaan.

Baca juga: Arah Baru 2024, Dell Serius Garap Proyek AI Hingga Komputasi Kuantum

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Kedai Kopi yang Suguhkan Pemandangan Indah di Sekitar Wisata Joglosemar

BERIKUTNYA

Game Horror Bendy and the Ink Machine Bakal Diadaptasi Jadi Film

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: