Pizza/JIBI

Yuk Bikin Piza Sehat Bebas Gluten

14 August 2021   |   09:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Piza, hidangan tradisional asal Italia ini mungkin menjadi favorit bagi sebagian orang. Berbahan dasar adonan (dough) yang dibentuk bundar, tapi  pipih, dilumuri saus tomat. Adonan tersebut kemudian ditaburi beragam topping, dan  ini pastinya membuat lidah bergoyang.

Dalam sejarahnya, pada abad ke-16 di Napoli, piza menjadi alat penting bagi tukang roti. Adonannya digunakan untuk menentukan temperatur oven. Piza kala itu juga menjadi makanan para warga miskin, hanya dilumuri mayonaise, dijual di jalanan, dan belum dianggap sebagai resep dapur terkenal. Hingga akhirnya koki Neapolitan Raffaele Esposito menciptakan sebuah piza yang dipenuhi tomat, keju mozarela dan basil yang menggambarkan warna bendera Italia untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy.

Seiring waktu, piza memiliki berbagai jenis dan rasa. Inovasinya terus berkembang mengikuti selera masyarakat. Namun piza yang dilumuri saus tomat, dengan topping daging maupun olahannya, ditambah sedikit sayuran seperti paprika, dilengkapi dengan keju mozarela mungkin paling disukai.

Lepas dari persoalan sejarah maupun topping-nya yang semakin beragam, piza merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat, lemak, protein, dan sangat sedikit sayurnya, terutama yang dipasarkan di restoran siap saji. Mengutip dari Fatsecret, seporsi pizza dengan daging dan sayuran mengandung 276 kalori, 12,61 gram lemak, 29,61 gram karbohidrat, dan 10,97 protein.

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Chef Profesional Indonesia, Chef Bambang Nurianto, sejatinya Italian Piza seperti yang dibuat Raffaele Esposito terbilang sehat karena mengandung gizi berupa protein, karbohidrat, kalori, dan vitamin. Namun memang, alangkah lebih baik membuat sendiri piza di rumah.

Membuat piza dengan topping sayuran seperti bayam dan tomat bisa menjadi pilihan, atau menggantinya dengan buah-buahan. Adonan utamanya pun bisa dipilih yang rendah gluten. "Piza yang penting dough sama sausnya. Kalau atasnya tergantung kita mau diisi apa saja, mau savory atau sweety," tutur Bambang.

Resep Piza Sehat Bebas Gluten
Bahan Dough : 
*200 gram tepung mocaf
*2 siung bawang putih
*garam secukupnya
*merica secukupnya
*air

Topping :
*30 gram brokoli
*35 gram daging suwir matang yang sudah dibumbui
*25 gram bawang bombay
*50 gram jagung pipil

Bahan lain :
*margarin
*saos tomat
*mayonaise 

Cara membuat 
*Siapkan bahan-bahan kemudian campurkan semua bahan dough dan uleni sejenak
*Setelah itu tata adonan dough di atas teflon yang sudah dibaluri dengan margarin, tusuk-tusuk dengan garpu sampai merata
*Masukan saus tomat, ratakan ke semua adonan. Taburi dengan daging suwir dan bawang bombay
*Tambahkan brokoli yang sudah dicuci bersih dan dipotong, setelah itu taburi dengan jagung pipil yang sudah di rebus terlebih dahulu
*Panggang dalam teflon selama 25 menit
*Jika dirasa sudah matang, matikan api dan beri tambahan saos tomat dan mayonaise di atasnya. Pizza siap dihidangkan
 
Sumber: Chef Indonesia


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Kenalan dengan Anjing Kintamani, Anjing dari Bali yang Mirip Anjing Jindo Korea

BERIKUTNYA

Job Seekers Harus Tahu Pentingnya Penguasaan Soft Skill

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: