Deforestasi adalah salah satu isu kerusakan hutan yang masih terus berlangsung hingga saat ini-mali maeder (Dok. Pexels)

Yuk Ikut Menjaga Hutan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini!

08 August 2021   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidak dipungkiri persoalan lingkungan menjadi salah satu isu yang sangat penting saat ini. Pasalnya, belum banyak yang menyadari bahwa dengan menjaga lingkungan, kita ikut berkontribusi untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di masa mendatang. Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah kelestarian hutan yang banyak memberikan manfaat bagi makhluk hidup.

Sayangnya, terlepas dari semua manfaat ekologi, ekonomi, sosial dan kesehatan yang tak ternilai dari hutan, upaya deforestasi terus berlanjut dengan laju yang mengkhawatirkan. Setidaknya tercatat sekitar 13 juta hektare hutan dunia setiap tahun hilang yang mengakibatkan tidak terserapnya 12-20 persen emisi gas rumah kaca global yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Nah, jika kamu ingin ikut berkontribusi menjaga kelestarian hutan, berikut ini 5 hal sederhana yang bisa kamu lakukan mengutip dari Zero Waste Indonesia.

1. Kurangi penggunaan kertas dan tisu sekali pakai
Kertas dan tisu yang biasa dipakai sebagian besar terbuat dari bubur kertas berbahan baku serat kayu pohon yang berasal dari hutan tanaman industri atau hutan alam. Kamu bisa mulai hemat dan beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan seperti kertas daur ulang atau sapu tangan.

 

Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai bisa turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan-cottonbro (Dok. Pexels)

Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai bisa turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian hutan-cottonbro (Dok. Pexels)


2. Cari material alternatif pengganti kayu
Kayu menjadi material yang rentan digunakan untuk membangun rumah atau membuat perabotan rumah. Padahal, saat ini sudah banyak material alternatif pengganti kayu yang lebih ramah lingkungan. Meski bukan dari bahan kayu, beberapa material seperti conwood dan vinyl sekilas terlihat seperti kayu.

3. Bijak dalam membeli produk kayu
Genhype tahu enggak sih kalau furnitur kayu yang dipakai ternyata mengorbankan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan ataupun satwa liar di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu harus mulai cermat ketika membeli furnitur berbahan kayu. Usahakan yang sudah bersertifikat atau berlabel community trade dan animal cruelty free.

4. Menerapkan zero waste dalam keseharian
Dengan menjalankan pola hidup zero waste, kamu sudah ikut berkontribusi untuk menjaga hutan lho Genhype. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah menghemat dalam penggunaan listrik, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. mengkompos serta mengurangi konsumsi produk daging.

5. Mendukung organisasi di bidang konservasi alam dan lingkungan
Kamu juga bisa lho mulai mendukung organisasi yang memiliki perhatian terhadap konservasi alam dan lingkungan dengan cara mempelajari campaign yang sedang dilaksanakan, ikut menyebarluaskan berita dan seruan baik, bergabung sebagai sukarelawan serta mendonasikan sebagian harta kamu untuk kegiatan pelestarian alam. Sekecil apapun yang dilakukan, jika itu dilakukan secara kolektif, maka akan menjadi aksi yang berdampak besar.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ini Daftar Lengkap Pemenang Game Prime Award 2021

BERIKUTNYA

Wow, Poco Catat Pengiriman Ponsel Lebih Dari 20 Juta Unit di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: