Anak-anak tengah bermain bersama (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Archie Binamira)

Ucapan Hari Anak Sedunia 2023

20 November 2023   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setiap 20 November, dunia merayakan World Children’s Day atau Hari Anak Sedunia. Berbagai cara dapat dilkaukan untuk memperingati hari ini. Salah satu di antaranya adalah dengan memberikan ucapan selamat. Dengan begitu, kita akan lebih sadar dan peduli tentang hak-hak mereka. 

Dikutip dari laman Perserikatan Bangsa Bangsa, Hari Anak Sedunia adalah hari aksi tahunan untuk anak-anak, oleh anak-anak. Mulai dari perubahan iklim, pendidikan dan kesehatan mental, sampai mengakhiri rasisme dan diskriminasi, mereka menyuarakan pendapatnya tentang beragam isu yang penting.

Baca juga: Sejarah Hari Anak Sedunia yang Diperingati Setiap 20 November

Tidak hanya itu, mereka juga menyerukan orang dewasa untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Jadi, pada Hari Anak Sedunia, penting bagi dunia untuk mendengarkan ide dan tuntutan yang disuarakan oleh mereka.

Setiap tahun, Hari Anak Sedunia dirayakan dengan tema tertentu. Pada 2023, tema itu adalah Untuk Setiap Anak, Setiap Hak. Lembaga tersebut menuliskan bahwa semua pihak dapat memainkan perana penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi komunitas, masyarakat, dan negara.

Hari Anak Sedunia menawarkan kepada semua pihak sebuah titik masuk yang inspiratif untuk mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak, yang diwujudkan dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

PBB menekankan bahwa Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1954 dengan nama Universial Children’s Day. 20 November menjadi perayaan lantaran merupakan tanggal yang penting, yakni Majelis Umum PBB untuk pertama kali mengadopsi Deklarasi Hak – Hak anak dan Konvensi Hak Anak.

“Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak,” demikian tulis PBB.

Konvensi yang paling banyak diratifikasi itu menetapkan sejumlah hak anak, seperti hak untuk hidup, kesehatan, pendidikan dan bermain, kehidupan berkeluarga, perlindungan dari kekerasan, tidak mendapatkan diskriminasi, dan hak agar pendapatnya didengar.

Pada 2019, terdapat 1,6 miliar anak atau sebesar 69 persen tinggal di negara yang terkena dampak konflik. Lalu, sekitar 426 juta anak tinggal di zona konflik. Jutaan anak, banyak di antaranya tidak didampingi atau terpisah dari keluarga mereka, terpaksa mengungsi akibat konflik bersenjata.

Kemiskinan juga mempengaruhi anak-anak secara tidak proporsional. Badan dunia tersebut menyebutkan satu dari enam anak hidup dalam kemiskinan ekstrem dan hidup dengan pendapatan kurang dari US$1,90 per hari di seluruh dunia. Keluarga mereka berjuang mendapatkan layanan kesehatan dasar dan nutrisi yang diperlukan untuk memberi mereka awal yang baik. Perampasan ini meninggalkan jejak yang langgeng. Pada 2019, terdapat 149 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami stunting.

Nah, dalam dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak di dunia adalah dengan memberikan ucapan selamat. Berikut sejumlah rekomendasi ucapan yang bisa diberikan kepada teman, orang terkasih, dan juga keluarga.
  1. Selamat Hari Anak Sedunia. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Mari jaga dan perhatikan demi bangsa yang lebih baik pada masa yang akan datang.
  2. Anak-anak adalah sumber kebahagiaan di dunia. Mari bersama membuat mereka tetap bahagia agar dunia selalu baik-baik saja. Selamat Hari Anak Sedunia.
  3. Selamat Hari Anak Sedunia. Bersama, kita membuat situasi yang terbaik untuk anak-anak demi masa depan bangsa dan agama.
  4. Selamat Hari Anak Sedunia, semoga tawa dan ceria mereka selalu terdengar dalam setiap detiknya.
  5. Selamat Hari Anak Sedunia. Mari bersama menjaga pertumbuhan dan perkembangan mereka demi Indonesia yang lebih baik.
  6. Hak anak adalah belajar dan bermain. Pada Hari Anak Sedunia ini, bersama kita pastikan mereka dapat belajar dan bermain tanpa hambatan.
  7. Anak-anak adalah cahaya yang dapat menerangi dunia. Pada Hari Anak Sedunia, mari kita jaga agar sinar itu selalu tetap hidup.
  8. Kejujuran dan ketulusan anak-anak adalah inspirasi bagi banyak orang dewasa untuk dunia yang lebih baik. Selamat Hari Anak Sedunia demi dunia yang lebih baik.
  9. Anak-anak adalah anugerah dan rezeki terindah dari Sang Maha Kuasa. Mari kita jaga bersama dan memastikan seluruh haknya terpenuhi. Selamat Hari Anak Sedunia.
  10. Anak-anak seperti selembar kertas polos. Bersama, mari kita tuliskan kata-kata indah dan baik di atasnya. Selamat Hari Anak Sedunia.

Baca juga: 10 Ucapan Manis untuk Merayakan Hari Anak Perempuan Internasional 2023


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sejarah Hari Anak Sedunia yang Diperingati Setiap 20 November

BERIKUTNYA

Link Twibbon Hari Anak Sedunia 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: